Kompas.com - 07/01/2020, 11:55 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil pedesaan multiguna buatan anak negeri yang bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) mendapat respons yang cukup bagus di pasar internasional.

Hal ini terbukti dari ketertarikan seorang pengusaha terkaya asal Afrika, Aliko Dangote, yang merupakan pemilik dari perusahaan Dangote Group.

Melalui perusahaannya, miliarder asal Afrika itu bahkan berencana membeli 10.000 unit mobil pedesaan Indonesia. Rencananya, kendaraan multiguna buatan anak negeri itu untuk dipasarkan ke Nigeria.

Baca juga: 10.000 Unit Mobil Desa Buatan Indonesia Siap Ekspor ke Afrika

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, pembelian mobil desa itu melalui perusahaan Dangote Group, milik Aliko Dangote yang merupakan miliarder asal Afrika.

"Jadi Dangote Group itu dia sangat berminat untuk melakukan impor, untuk customer-nya di sana," ucap Putu di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Baca juga: AMMDes Selangkah Lebih Maju Menuju Ekspor

 

AMMDes Ambulance FeederKemenperin AMMDes Ambulance Feeder

Rencananya, ekspor mobil tersebut akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun, dengan tahun ini dan tahun depan direncanakan akan ekspor sebanyak 1.000 unit.

Mobil yang mempunyai bentuk unik itu tidak hanya sebagai alat transportsi semata. Lebih dari itu, mobil pedesaan itu memiliki berbagai fungsi lainnya. Fungsi-fungsi tersebut tentunya sangat membantu pekerjaan masyarakat di pedesaan, terutama para petani.

Sebelumnya, Presiden Komisaris Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiyat juga pernah menyampaikan bahwa mobil AMMDes lebih mengedepankan fungsi atau kegunaannya dibandingkan dari bentuknya.

AMMDes ini mempunyai berbagai fungsi yang cukup membantu dalam usaha maupun pekerjaan sehari-hari.

Baca juga: Lihat AMMDes Dibuat Mini Mixer di IMX 2019 [VIDEO]

Seperti alat transportasi dan juga pengangkut hasil panen. Selain itu, mobil ini juga bisa dipadukan dengan berbagai alat pengolahan pascapanen sehingga bisa semakin mempermudah pekerjaan para petani.

AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok- AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok

Seperti digunakan untuk perontok dan pengupas padi, pengupas kopi, perontok jagung, pembuat es serut, bahkan bisa juga untuk ambulans.

“Selain itu, juga untuk genset penerangan, pompa air yang bisa digunakan untuk irigasi di pedesaan,” terang Sukiyat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.