Tilang Elektronik Segera Berlaku untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 07/01/2020, 07:12 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menindak pengendara mobil, sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) juga akan berlaku untuk pengguna sepeda motor mulai 2020 ini.

"(Kamera E-TLE) sepeda motor mulai tahun depan sudah diberlakukan. Jadi nanti kita akan di-capture," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, pada Desember 2019 lalu.

Meski tak menyebutkan kapan waktu tepatnya, tapi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, menjelaskan akan memberikan sosialisasi lebih dulu sebelum implementasi penuh.

Baca juga: Catat, Ini Jenis Pelanggaran Tilang Elektronik di Jalan Tol

Dengan demikian informasi akan lebih tersampaikan dan penggendara motor tak punya celah bila terbukti melakukan pelanggaran, apabila sudah mulai diterapkan dan dilakukan penindakan.

Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.

Tak hanya itu, Yusuf juga menambahkan bila salah satu hal yang saat ini sedang dalam kajian adalah mengenai posisi pelat nomor motor. Hal tersebut lantaran masih banyak ditemui penempatan nomor polisi yang belum sesuai atau tidak seragam.

"Posisi TKNB motor kan ada yang di atas atau bawah bahkan di samping, nah ini yang kita sinkronisasikan. Jika itu sudah oke kita sosialisasikan, dan dalam waktu dekat akan kita realisasikan," kata Yusuf.

Baca juga: Kenali Fitur Canggih pada Kamera Tilang Elektronik

Seperti diketahui, mulai 2020 Polda Metro Jaya juga akan memperluas cakupan wilayah tilang elektronik dengan menambah puluhan kamera ETLE untuk menangkap para pelanggar lalu lintas.

CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.
Awal tahun ini ada penambahan 45 kamera yang sudah dalam tahap instalasi, dan ke depannya ada tambahan 48 kamera lagi.

Dengan demikian, pada 2020 ini akan ada 105 kamera ETLE yang terpasang di beberapa wilayah rawan pelanggaran lalu lintas yang tersebar di DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.