Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Mobil yang Terendam Banjir Kembali Normal 100 Persen?

Kompas.com - 04/01/2020, 13:32 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banjir menyebabkan banyak kerusakan pada kendaraan. Mobil yang pernah terendam banjir biasanya meninggalkan beberapa masalah, dari aroma kabin yang tidak sedap, hingga beberapa masalah kelistrikan dan mesin, juga potensi karat.

Lantas, apakah mobil yang pernah terendam banjir bisa kembali normal 100 persen? Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan hal tersebut kembali pada penanganan usai terkena banjir.

“Kalau perbaikan diserahkan kepada profesional, diperbaiki secara menyeluruh, komponen yang rusak diganti dengan yang baru, semua bagian diperhatikan dengan seksama, tentu bekas banjir bisa tidak terlihat lagi,” ujarnya kepada Kompas.com (4/1/2020).

Baca juga: Terendam Banjir, Penanganan Mobil Impor Berbeda dengan CKD

Astra Peugeot sediakan mobil gendong untuk evakuasi mobil yang terkena dampak banjir.Foto: Istimewa Astra Peugeot sediakan mobil gendong untuk evakuasi mobil yang terkena dampak banjir.

Didi mencontohkan, saat ini bengkel resmi tengah banyak menerima mobil-mobil konsumen yang terendam banjir. Jumlahnya bisa mencapai puluhan mobil untuk tiap dealer, khususnya yang terletak di wilayah terdampak banjir.

“Sejak Kamis dan Jumat (2-3/1/2020) kami sudah menerima, jumlahnya tidak sedikit. Apalagi untuk perbaikan mobil yang terkena banjir, satu mobil butuh dua stall, satu untuk mobil, satunya untuk mencopot komponen dan interior mobil,” kata Didi.

“Artinya dari segi waktu sebetulnya tidak bisa cepat. Karena interior mobil butuh penanganan yang tidak biasa, setelah dicuci lalu dijemur, kalau masih bau dicuci lagi berulang kali. Kalau normalnya satu mobil sekitar seminggu, tapi karena bengkel penuh bisa lebih lama,” ucapnya.

Baca juga: Penting Juga Cek Rangka Mobil yang Terendam Banjir

Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Selain itu, perbaikan mobil yang terendam juga bisa tergantung dari cuaca. Jika cuaca selalu cerah, matahari dapat membantu proses pengeringan. Namun jika tidak ada matahari, proses pengeringan menggunakan alat dan durasinya tidak secepat dengan matahari.

“Jadi kami mengkategorikan mobil yang terkena banjir dalam beberapa level, A, B, C, dan D. Level A yang paling berat seluruhnya terendam banjir, dibutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, kalau konsumen setuju untuk diperbaiki harap sabar menunggu, karena perbaikannya butuh proses,” ujar Didi.

“Tapi biasanya konsumen punya pertimbangan sendiri, yang tidak rusak tidak usah diganti, atau cukup komponen vital saja yang diperbaiki karena mobil butuh cepat dipakai, jadi kembali lagi ke konsumennya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com