Tips Merawat Motor Custom Ketika Musim Hujan

Kompas.com - 02/01/2020, 08:42 WIB
Motor custom Yamaha XSR155 di Thailand International Motor Expo 2019 di Bangkok Kompas.com/DonnyMotor custom Yamaha XSR155 di Thailand International Motor Expo 2019 di Bangkok

BOGOR, KOMPAS.com – Memiliki motor custom memang pilihan bagi semua orang. Banyak pemilik motor custom yang tetap menggunakan motornya untuk kegiatan sehari-hari melewati segala cuaca, ada juga yang hanya untuk akhir pekan.

Musim hujan seperti sekarang, motor custom yang dipakai hujan-hujanan juga harus dirawat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti karat dan warna motor menjadi kusam.

Sammy Rangkuti, pemilik dari bengkel spare parts dan custom motor, Rangkuti Motor, di Bogor Tengah, mengatakan, merawat motor custom setelah melewati hujan kurang lebih sama seperti motor standar.

“Paling kalau musim hujan kan biasanya motor custom pakai ban yang lebar, untuk mencegah ciprat dari depan atau belakang, bisa pakai spatbor atau mudguard,” ucap Sammy kepada Kompas.com, Sabtu (28/12/2019).

Baca juga: Yamaha XS650 Banyak Dipakai buat Custom Motor, Ini Alasannya

Motor custom buatan VerolandMotorplus Motor custom buatan Veroland

Selain itu, kata Sammy, perawatan untuk bagian-bagian bodi motor yang sudah dicat ulang dan bagian mesin yang sudah krom agar segera dibilas dengan air bersih dan dilap sampai kering.

Pemilik motor custom yang bagian mesinnya banyak yang berlapis krom, ada tips untuk merawat kilau dan kontras warna pada bagian mesin.

“Setelah dibersihkan bisa ditaburi bedak pada bagian yang krom, lalu di lap lagi, dipoles dengan lap yang bersih,” kata Sammy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X