Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab AC Mobil Tiba-tiba Panas

Kompas.com - 27/12/2019, 08:42 WIB
Fauzan Dary Setyawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernahkan Anda merasakan tiba-tiba kondisi penyejuk udara atau air conditioner (AC) mobil menjadi panas?

Biasanya, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mematikan AC untuk sementara, kemudian dinyalakan kembali, baru normal seperti semula.

Kondisi AC mobil yang tiba-tiba menjadi panas pada saat mobil bergerak disebabkan oleh komponen magnetic clutch mengalami masalah.

Merujuk situs rotarybintaro.co.id, magnetic clutch merupakan komponen berfungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Jani, Kepala Mekanik Bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro, saat dihubungi otomotif KOMPAS.com beberapa waktu lalu, mengatakan, kalau AC tiba-tiba terasa panas biasanya karena ada masalah pada magnetic clutch.

Baca juga: 3 Jurus Merawat AC Mobil Supaya Tetap Sejuk

Berdasarkan obrolan KOMPAS.com dengan Jani, diketahui beberapa gejala magnetic clutch bermasalah, yakni:

1. Blower AC tetap hidup namun tiba-tiba embusan angin terasa panas, kemudian putaran mesin meningkat di sekitar 1.000-1.500 RPM. Kesannya, seperti sedang diinjak pedal gas padahal tidak.

Biasanya pada kejadian seperti ini, AC akan dimatikan beberapa saat, dan setelah dinyalakan kembali, AC normal.

2. Keluhan-keluhan pada AC yang terkadang panas secara tiba-tiba kebanyakan terjadi saat mobil dalam keadaan jalan macet atau saat kencang di jalan tol.

Kejadian ini akan terus berulang, pada awalnya muncul satu bulan sekali, lama kelamaan menjadi dua minggu sekali, kemudian menjadi seminggu sekali dan semakin sering terjadi apabila tidak segera dibereskan. 

3. Terdengar bunyi seperti gesekan besi yang diadu, lama-lama AC menjadi tidak dingin dan timbul bau gosong.

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Kejadian tersebut apabila dibiarkan tentu saja akan berakibat fatal, lanjut Jani. AC mobil dapat mengalami kerusakan dan tentunya membutuhkan biaya yang menguras kantong untuk membereskannya, selain itu risiko yang paling tinggi adalah kebakaran mobil.

“Untuk itu lakukan perawatan rutin pada AC mobil minimal dalam enam bulan sekali, dan ketika mulai dirasa bermasalah, langsung datangi bengkel resmi atau bengkel spesialis AC mobil kepercayaan,” ucap Jani.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com