3 Jurus Merawat AC Mobil Supaya Tetap Sejuk

Kompas.com - 18/12/2019, 10:22 WIB
Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala wikipediaBiar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem penyejuk udara alias Air Conditioner (AC) pada mobil sudah jadi kebutuhan standar. Bisa dibayangkan jika saat berada di tengah kemacetan dengan keadaan panas tanpa AC atau rusak. 

Alasan ini membuat fitur penunjang kenyamanan berkendara ini harus terjaga maksimal. 

Kondisi AC yang tidak stabil tentunya akan menjadi gangguan bagi pengguna mobil. Sirkulasi udara juga menjadi terhambat sehingga kaca mobil harus dibuka dan membuat polusi berpotensi masuk ke dalam mobil. Untuk itu, sangat penting bagi pengendara untuk memberi perhatian pada kondisi AC.

Ditemui otomotif Kompas.com di Jakarta, Senin (16/12/2019), Jani, Kepala Mekanik Bengkel Spesialis AC Mobil Rotary Bintaro, mengatakan, sangat penting bagi pengendara untuk memberi perhatian pada kondisi AC agar tidak cepat rusak.

Baca juga: Apa yang Mesti Dilakukan Ketika Mesin Mobil Overheat?

“Agar tidak cepat rusak sebenarnya tergantung dari pengendara atau pemilik mobil sendiri, apakah sering membersihkan AC, melakukan perawatan atau pengecekkan secara berkala, atau tidak,” ujarnya.

Dari obrolan dengan Jani, mengerucut pada tiga cara menjaga AC agar tidak cepat rusak, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Lakukan perawatan dan pengecekkan secara rutin

Melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin maka komponen seperti compressor, receiver dyer (filter), kondensor, evaporator, ekstra-fan, hingga expansion valve dapat diketahui apakah dalam kondisi baik atau tidak.

2. Menyalakan AC sesuai dengan prosedur

Saat mobil akan mulai dihidupkan,sebaiknya ac dalam keadaan mati, karena akan berdampak pada sensor elektrik.

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

3. Menjaga kebersihan Kabin

Kabin mobil yang kotor dan berdebu dapat memperberat kinerja filter AC. Jika filter AC kotor, maka akan berdampak pada ruang kabin menjadi bau dan membuat udara tidak nyaman.

Menutup pintu mobil yang tidak rapat, akan menyebabkan udara atau polusi akan masuk ke dalam mobil dan menganggu aktivitas AC.

Baca juga: Bersihkan Evoporator AC Mobil Pakai Teknik Semprot

Tips merawat AC supaya tidak cepat rusak sebaiknya rutin melakukan pembersihan karpet sebelah kiri yang sering kotor. Karena biasanya blower ada pada sisi sebelah kiri hal tersebut menyebabkan kotoran yang masuk ke AC jadi lebih cepat,” tutupnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.