Pilih Jalan Malam saat Pergi Jarak Jauh, Simak Tips Amannya

Kompas.com - 26/12/2019, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir tahun seperti ini biasanya jadi momen yang dipakai orang-orang untuk pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Tak jarang sebagian dari mereka melakukan perjalanan pada malam hari.

Ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih melakukan perjalanan pada malam hari, mulai dari menghindari macet, hingga cuaca yang tidak panas.

Meski begitu perjalanan malam hari sebetulnya kurang disarankan. Hal ini dikatakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Jalur Tol Medan-Tebing Tinggi Bermula dari Mobil yang Pecah Ban

Honda BR-V dalam perjalanan Merapah 5 Warisan Budaya Batikkompas.com Honda BR-V dalam perjalanan Merapah 5 Warisan Budaya Batik

“Mungkin banyak yang memilih pada malam hari karena tidak macet dan tidak panas, namun kondisi badan pasti tidak mendukung,” ujar Jusri.

Menurutnya, saat malam hari kondisi badan seharusnya telah memasuki fase istirahat. Namun karena kita sedang berkendara, badan pun dipaksa tetap fit untuk mendukung aktifitas kita.

“Ini akan berpengaruh terhadap konsentrasi mengemudi, mengantuk pasti tidak dapat dihindari, terlebih jika perjalanan dilakukan mulai tengah malam. Akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi,” kata Jusri.

Baca juga: Langgar Permenhub, 20 Truk Diamankan di Tol Jakarta-Cikampek

Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.

Walau demikian, Jusri memberikan sedikit tips bagi Anda yang akan melakukan perjalanan pada malam hari.

“Kalau memang harus jalan malam-malam, lakukan persiapan dengan istirahat tidur siang yang cukup, hal ini membantu badan agar lebih segar pada malam hari. Syukur-syukur ada teman yang bisa ikut bergantian nyetir," ucapnya.

Selain kondisi badan yang fit, Jusri juga mengingatkan para pengemudi untuk menyiapkan kendaraan semaksimal mungkin. Jangan sampai kendaraan bermasalah, karena saat malam hari agak sulit menemukan bengkel yang buka 24 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.