Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Jalan Malam saat Pergi Jarak Jauh, Simak Tips Amannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir tahun seperti ini biasanya jadi momen yang dipakai orang-orang untuk pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Tak jarang sebagian dari mereka melakukan perjalanan pada malam hari.

Ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih melakukan perjalanan pada malam hari, mulai dari menghindari macet, hingga cuaca yang tidak panas.

Meski begitu perjalanan malam hari sebetulnya kurang disarankan. Hal ini dikatakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com belum lama ini.

“Mungkin banyak yang memilih pada malam hari karena tidak macet dan tidak panas, namun kondisi badan pasti tidak mendukung,” ujar Jusri.

Menurutnya, saat malam hari kondisi badan seharusnya telah memasuki fase istirahat. Namun karena kita sedang berkendara, badan pun dipaksa tetap fit untuk mendukung aktifitas kita.

“Ini akan berpengaruh terhadap konsentrasi mengemudi, mengantuk pasti tidak dapat dihindari, terlebih jika perjalanan dilakukan mulai tengah malam. Akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi,” kata Jusri.

Walau demikian, Jusri memberikan sedikit tips bagi Anda yang akan melakukan perjalanan pada malam hari.

“Kalau memang harus jalan malam-malam, lakukan persiapan dengan istirahat tidur siang yang cukup, hal ini membantu badan agar lebih segar pada malam hari. Syukur-syukur ada teman yang bisa ikut bergantian nyetir," ucapnya.

Selain kondisi badan yang fit, Jusri juga mengingatkan para pengemudi untuk menyiapkan kendaraan semaksimal mungkin. Jangan sampai kendaraan bermasalah, karena saat malam hari agak sulit menemukan bengkel yang buka 24 jam.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/26/170100915/pilih-jalan-malam-saat-pergi-jarak-jauh-simak-tips-amannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke