Ganti Mika Bening pada Lampu Rem Motor Itu Berbahaya!

Kompas.com - 20/12/2019, 10:22 WIB
Desain lampu belakang futiristik dengan mika bening. Donny Apriliananda/KompasOtomotifDesain lampu belakang futiristik dengan mika bening.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sudah menjadi kebiasaan pemilik kendaraan di Indonesia adalah dengan memodifikasi, termasuk sepeda motor. Paling minim, modifikasi adalah dengan menambahkan aksesori, misalnya menempel stiker sampai yang total, memotong-potong sasis.

Namun, modifikasi motor juga ada aturannya, jangan asal keren dan tidak anti-sosial. Ingat masih ada pengguna jalan lain yang punya hak dan kewajiban yang sama dengan Anda!

Setyo Suyarko, trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, mengatakan, salah satu modifikasi yang dianggap sepele, keren, tapi berbahaya, adalah mengganti mika lampu rem menjadi bening.

“Ketika motor mengerem, maka lampu rem yang menyala akan menyilaukan pengendara di belakangnya. Terkejut, pengendara di belakang bisanya refleks, memejamkan mata, dan bisa menabrak Anda,” ucap Setyo kepada Kompas.com (18/12/2019).

Baca juga: Aksesoris Helm Unik yang Anti-Pengap dan Kabut, Begini Kelebihannya

Modifikasi warna cahaya lampu rem.Korlantas Modifikasi warna cahaya lampu rem.

Padahal sudah dijelaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan ,pasal 23. Pasal tersebut menjelaskan warna lampu yang diperbolehkan, salah satunya yaitu lampu rem yang harus berwarna merah.

Praktik ini bisanya dilakukan tersebut sangat disayangkan dengan kebiasaan pengendara yang tidak mau tau tentang aturan.

“Padahal jika ingin belajar tentang peraturan tersebut bisa di search lewat Google,” ucap Setyo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X