STNK Berbentuk Kartu, Berikut Kelebihannya

Kompas.com - 18/12/2019, 14:16 WIB
Ilustrasi STNK model baru yang disebut akan berubah menjadi kartu IstimewaIlustrasi STNK model baru yang disebut akan berubah menjadi kartu
Penulis Ari Purnomo
|


 

JAKARTA, KOMPAS.com- Korps Lalu Lintas ( Korlantas) Polri terus mematangkan rencana pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) elektronik.

Langkah ini merupakan upaya Polri memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.

Dengan e-STNK ini, nantinya STNK tidak lagi dalam bentuk kertas dalam wadah plastik, melainkan sudah berbentuk kartu.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Halim Pagarra menjelaskan, pembahasan tentang STNK elektronik dilakukan bersama berbagai pihak.

Seperti dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Serta, kepala Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di berbagai daerah.

Diharapkan, e-STNK ini bisa terealisasi pada 2021 mendatang. Sehingga, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai kelebihannya.

Berikut beberapa kelebihan e- STNK

Berbentuk kartu

Selama ini seperti diketahui, STNK berbentuk kertas yang berisi data kendaraan dan juga nilai pajak. Kertas tersebut terdiri dari dua lembar dan dimasukkan ke dalam plastik.

Dengan adanya e-STNK, bentuk baru STNK menjadi lebih simpel. Hal ini karena, e-STNK akan berbentuk kartu. Sehingga, lebih mudah disimpan karena tidak perlu melipat-lipatnya seperti STNK sebelumnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X