Kasus Mini Cooper Said Didu, Ingat Lagi Risiko Berada di Dekat Kendaraan Besar

Kompas.com - 17/12/2019, 11:24 WIB
Truk Tronton yang menabrak Mini Cooper milik Said Didu IstimewaTruk Tronton yang menabrak Mini Cooper milik Said Didu
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepadatan lalu lintas Jabodetabek diisi oleh berbagai jenis kendaraan.

Mulai dari sepeda, motor, berbagai jenis mobil, hingga kendaraan besar seperti truk dan bus. Khusus menghadapi kendaraan besar, pengemudi wajib lebih waspada terutama saat di persimpangan.

Hal ini karena kendaraan besar seperti truk memiliki area blind spot, atau titik pandang yang tak bisa dilihat oleh sopir truk. Pengendara motor ataupun mobil harus menghindari area tersebut agar tidak tertabrak atau terlindas truk.

Baca juga: Mini Cooper Said Didu Diseruduk Truk, Ini Alasan Wajib Waspada saat Dekat Truk

Competence Development Head PT Wahana Inti Selaras (Volvo Trucks Indonesia) Isdanarto, mengatakaan saat berada di persimpangan hindari bagian lingkar dalam truk. Bagian lingkar adalah area yang menjadi ruang gerak truk saat bermanuver.

Ilustrasi truk Volvo saat di perkotaanVolvo Ilustrasi truk Volvo saat di perkotaan

“Kalau mau aman, saat truk akan belok ke kiri, kendaraan kita jangan berada di sebelah kiri truk. Begitu juga saat truk belok ke kanan, kita jangan berada di sebelah kanan truk,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu,

Selain kecelakaan karena terlindas, Isdanarto juga menyebutkan dalam beberapa kasus sering juga terjadi kontainer menimpa kendaraan di samping truk. Hal ini terjadi karena kontainer tidak dikunci, hingga menyebabkan jatuh ke samping karena gaya sentrifugal.

“Jeleknya di Indonesia masih banyak truk yang bisa jalan, keluar area pelabuhan misalnya, tanpa mengunci kontainernya,” katanya.

Baca juga: Mercy dengan Truk Brimob Tabrakan, Penting Jaga Jarak Aman di Tol

Truk kontainer dengan nomor polisi B 9083 UIW mengalami kecelakaan hingga terbalik ke sisi kanan di Jalan BSD Gran Boulevard, Serpong,  Tangerang Selatan, pada Jumat (6/12/2019).Terbaliknya truk kontainer tersebut diguga karena menikung terlalu tajam. KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi Truk kontainer dengan nomor polisi B 9083 UIW mengalami kecelakaan hingga terbalik ke sisi kanan di Jalan BSD Gran Boulevard, Serpong, Tangerang Selatan, pada Jumat (6/12/2019).Terbaliknya truk kontainer tersebut diguga karena menikung terlalu tajam.

“Jadi saat truk belok ke kiri, karena gaya sentrifugal, kontainer limbung ke arah kanan dan terlepas dari buntut truk,” ucap Isdanarto.

Untuk itu, Isdanarto menganjurkan bagi mobil dan motor yang sedang berdampingan dengan truk saat di persimpangan untuk mengalah. Lebih baik mempersilakan truk jalan lebih dulu agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X