Ragam Intercom untuk Helm, Mulai Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 20/11/2019, 08:42 WIB
Manfaat pakai intercom helm untuk pemotor GridOtoManfaat pakai intercom helm untuk pemotor

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat komunikasi di helm atau yang sekarang lebih dikenal dengan intercom helm, sudah mulai banyak dijual di pasaran. Merek yang ditawarkan pun cukup beragam dengan harga yang variatif.

Harga intercom helm sekarang ini ada yang di bawah Rp 1 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Masing-masing merek atau tipe juga memiliki fitur dan keunggulan tersendiri.

Baca juga: Manfaat Pakai Intercom Helm untuk Pemotor

Nico Ekywinaldo, pengguna Freedconn T-Rex Bluetooth Helm Intercom, mengatakan, ada berbagai merek yang banyak dipakai biker sekarang ini, mulai dari Sena, BT, dan juga Cardo.

 Sena Intercom Bluetooth 20SStanly/KompasOtomotif Sena Intercom Bluetooth 20S

"Kebetulan, saya cuma pakai untuk ngobrol dengan istri saja. Jadi, tidak perlu teriak-teriak. Apalagi, motor juga sudah pakai knalpot racing," ujar Nico, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Nico mengaku membeli Freedconn T-Rex dengan harga Rp 1,5 juta. Intercom helm ini sudah bisa terkoneksi dengan 8 intercom lainnya. Selain itu, bisa juga terkoneksi ke dua smartphone sekaligus dan jarak koneksinya mencapai 1,5 km.

"Umumnya, intercom helm bisa terkoneksi delapan intercom. Tapi, ada juga yang hanya bisa terkoneksi satu intercom, kalau itu biasanya lebih murah, di bawah Rp 1 jutaan. Contohnya, merek BT S2," kata Nico.

Baca juga: Plus Minus Menggunakan Intercom Helm

Sena mungkin menjadi merek intercom helm yang banyak dikenal oleh biker sekarang ini. Meski sudah terkenal, tapi Sena juga memiliki banderol yang tidak terlalu tinggi.

Seperti Sena SMH10R yang dibanderol di kisaran Rp 1,7 jutaan, intercom helm ini bisa melakukan empat konferensi sekaligus. Ketahanan baterainya diklaim mencapai delapan jam.

Ada juga yang memiliki ketahanan baterai hingga belasan jam, seperti Sena 20S dan Sena 30K. Sena 20S dibanderol di kisaran Rp 3,5 juta dan Sena 30K di kisaran Rp 4,2 jutaan.

Terakhir, ada Cardo yang harga dan kualitasnya cukup bersaing dengan Sena. Harganya juga variatif, ada yang di kisaran Rp 1,5 jutaan hingga Rp 4 jutaan.

Umumnya, intercom helm juga diciptakan tahan air. Sehingga, tidak perlu khawatir saat berkendara melewati hujan sekalipun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X