Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2019, 20:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat komunikasi yang dipasang pada helm atau lebih dikenal dengan intercom helm memberikan beberapa keuntungan saat sedang berkendara. Tapi, bukan berarti tidak ada kerugian yang diberikan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan fungsi khusus dari intercom helm adalah untuk berkomunikasi saat touring. Agar komunikasi antar rombongan konvoi bisa terjaga dengan baik.

Baca juga: Manfaat Pakai Intercom Helm untuk Pemotor

"Itu pun biasanya hanya digunakan oleh petugas konvoinya saja. Alat ini bisa membantu komunikasi jadi lebih efektif saat touring. Selain itu, efektif juga saat menerima panggilan masuk ke ponsel," ujar Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Intercom BT-Rider pada helm sepeda motor Setyo Adi/Otomania Intercom BT-Rider pada helm sepeda motor

Agus menambahkan, saat ini banyak pengendara yang menggunakan alat tersebut untuk terhubung ke ponsel dan fungsinya malah untuk mendengarkan musik.

Baca juga: Sudah Paham Standar Internasional Untuk Touring Motor?

"Jika digunakan tidak pada fungsinya, seperti mendengarkan musik dengan volume keras, justru akan membuat pengendara tidak konsentrasi dan membahayakan saat di jalan," kata Agus.

Menurutnya, jika digunakan untuk mendengarkan musik dengan volume keras, kondisi lingkungan berkendara jadi tidak terdengar. Sehingga, meningkatkan resiko kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com