Plus Minus Menggunakan Intercom Helm

Kompas.com - 19/11/2019, 20:01 WIB
Intercom helm GridOtoIntercom helm

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat komunikasi yang dipasang pada helm atau lebih dikenal dengan intercom helm memberikan beberapa keuntungan saat sedang berkendara. Tapi, bukan berarti tidak ada kerugian yang diberikan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan fungsi khusus dari intercom helm adalah untuk berkomunikasi saat touring. Agar komunikasi antar rombongan konvoi bisa terjaga dengan baik.

Baca juga: Manfaat Pakai Intercom Helm untuk Pemotor

"Itu pun biasanya hanya digunakan oleh petugas konvoinya saja. Alat ini bisa membantu komunikasi jadi lebih efektif saat touring. Selain itu, efektif juga saat menerima panggilan masuk ke ponsel," ujar Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Intercom BT-Rider pada helm sepeda motor Setyo Adi/Otomania Intercom BT-Rider pada helm sepeda motor

Agus menambahkan, saat ini banyak pengendara yang menggunakan alat tersebut untuk terhubung ke ponsel dan fungsinya malah untuk mendengarkan musik.

Baca juga: Sudah Paham Standar Internasional Untuk Touring Motor?

"Jika digunakan tidak pada fungsinya, seperti mendengarkan musik dengan volume keras, justru akan membuat pengendara tidak konsentrasi dan membahayakan saat di jalan," kata Agus.

Menurutnya, jika digunakan untuk mendengarkan musik dengan volume keras, kondisi lingkungan berkendara jadi tidak terdengar. Sehingga, meningkatkan resiko kecelakaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X