Laporan Langsung dari Valencia, Spanyol

Honda Lagi Siapkan Motor Listrik Murah

Kompas.com - 11/11/2019, 06:12 WIB
Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRide KOMPAS.com/GilangHonda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRide

VALENCIA, KOMPAS.com - Honda PCX Electric merupakan sepeda motor listrik pertama yang diperkenalkan PT Honda Astra Motor (AHM) di Indonesia. Namun, skuter listrik ini tidak dipasarkan secara umum, melainkan disewa ke beberapa perusahaan.

Salah satu alasan kenapa PCX electric tidak dijual seperti motor bermesin konvesional, kata President Director PT AHM Toshiyuki Inuma, salah satunya harga yang masih terlalu mahal, serta infrastruktur belum memadai.

Baca juga: Yamaha E01 Siap Jegal Honda PCX Electric

"Jadi untuk memberikan yang lebih kompetitif lagi, kami sedang mengembangkan motor listrik generasi kedua. Tetapi, kapan dan berapa banyak, saya belum bisa bicara sekarang," ujar Inuma ketika ditemui Kompas.com di Valencia, Spanyol, akhir pekan lalu.

Honda PCX Listrik dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Honda PCX Listrik dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.

Inuma menjelaskan, salah satu faktor yang menjadikan harga motor listrik bisa murah, harus diproduksi di dalam negeri. Selain itu, secara permintaan juga sekarang ini belum banyak, mungkin di masa mendatang akan berbeda.

Baca juga: Honda Siapkan Layanan PCX Listrik Buat Gojek

"Saya percaya motor listrik itu merupakan masa depan. Belum lagi nanti sistem pengisian baterainya akan dibuat mudah, dan juga pemerintah mendukung dengan berbagai insentif pajak yang diberikan kepada konsumennya," kata pria berkebangsaan Jepang itu.

Butuh Perawatan

Honda PCX Listrik              Aditya Maulana - KompasOtomotif Honda PCX Listrik

Menurut Inuma, motor listrik masih tetap membutuhkan perawatan. Tetapi, mungkin bisnis modelnya berbeda tidak seperti motor bermesin konvensional.

Baca juga: Penerimaan Pasar untuk Honda PCX Listrik

"Misalnya ingin upgrade software atau menambah tenaga dan lain sebagainya, tetap harus datang ke bengkel resmi. Jadi saya rasa bengkel resmi seperti AHASS akan tetap ada, tidak akan hilang begitu saja," kata Inuma.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X