Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Lagi Siapkan Motor Listrik Murah

VALENCIA, KOMPAS.com - Honda PCX Electric merupakan sepeda motor listrik pertama yang diperkenalkan PT Honda Astra Motor (AHM) di Indonesia. Namun, skuter listrik ini tidak dipasarkan secara umum, melainkan disewa ke beberapa perusahaan.

Salah satu alasan kenapa PCX electric tidak dijual seperti motor bermesin konvesional, kata President Director PT AHM Toshiyuki Inuma, salah satunya harga yang masih terlalu mahal, serta infrastruktur belum memadai.

"Jadi untuk memberikan yang lebih kompetitif lagi, kami sedang mengembangkan motor listrik generasi kedua. Tetapi, kapan dan berapa banyak, saya belum bisa bicara sekarang," ujar Inuma ketika ditemui Kompas.com di Valencia, Spanyol, akhir pekan lalu.

Inuma menjelaskan, salah satu faktor yang menjadikan harga motor listrik bisa murah, harus diproduksi di dalam negeri. Selain itu, secara permintaan juga sekarang ini belum banyak, mungkin di masa mendatang akan berbeda.

"Saya percaya motor listrik itu merupakan masa depan. Belum lagi nanti sistem pengisian baterainya akan dibuat mudah, dan juga pemerintah mendukung dengan berbagai insentif pajak yang diberikan kepada konsumennya," kata pria berkebangsaan Jepang itu.

Butuh Perawatan

Menurut Inuma, motor listrik masih tetap membutuhkan perawatan. Tetapi, mungkin bisnis modelnya berbeda tidak seperti motor bermesin konvensional.

"Misalnya ingin upgrade software atau menambah tenaga dan lain sebagainya, tetap harus datang ke bengkel resmi. Jadi saya rasa bengkel resmi seperti AHASS akan tetap ada, tidak akan hilang begitu saja," kata Inuma.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/11/061200115/honda-lagi-siapkan-motor-listrik-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke