Pilihan Ban Motor Custom Bergaya Tracker

Kompas.com - 06/11/2019, 09:42 WIB
Yamaha R25 street tracker Katros GarageYamaha R25 street tracker

JAKARTA, KOMPAS.com - Asal usul motor custom bergaya tracker berawal dari ajang balap flat track yang terkenal di Amerika sejak puluhan tahun yang lalu. Balapan yang dilakukan di atas pasir ini membutuhkan ban khusus.

Ban yang digunakan untuk balapan adalah semi off-road. Namun, motor custom bergaya tracker banyak digunakan untuk harian dan dijalankan di atas aspal.

Baca juga: Curhat Katros Garage Bangun Yamaha R25 Street Tracker

Andi Akbar, builder Katros Garage, mengatakan, kurang tepat jika motor custom bergaya tracker, tapi menggunakan ban untuk aspal. Menurutnya, agar konsep motor tracker bisa lebih kental, maka sebaiknya menggunakan ban dual purpose.

Benelli Patagonian Eagle Tracker buatan Katros Garage KOMPAS.com/Gilang Benelli Patagonian Eagle Tracker buatan Katros Garage

"Untuk tetap mempertahankan kesan klasik, ban dual purpose apa saja masih bisa masuk," ujar pria yang akrab disapa Atenk tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk ban kelas premium, ada Pirelli dengan tipe Scorpion Rally, Scorpion Rally STR, dan MT60. Harganya ada di kisaran Rp 1 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Baca juga: Menakar Biaya Custom Honda Win 100 Bergaya Tracker

Selain Pirelli, ada juga Continental TKC 70, Metzeler Karoo, dan Heidenau K 60. Biasanya, untuk motor custom bergaya tracker, banyak yang menggunakan ban keluaran Shinko.

"Motor tracker, biasanya pakai Shinko. Untuk tipenya, ada Big Block dan Trail Master. Dulu ada juga ban tracker yang klasik keluaran Avon seri Safety Mileage Original," kata Atenk.

Penampakan motor dual purpose Suzuki Kompas.com Penampakan motor dual purpose Suzuki

Ban merek lokal juga punya pilihan ban dual purpose, seperti Zeneos, Swallow, dan Corsa. Untuk Zeneos ada seri Turino ZN33, sedangkan Swallow seri Street Enduro SB 117, lalu Corsa dengan Cross S. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribuan hingga Rp 500 ribuan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X