Curhat Katros Garage Bangun Yamaha R25 Street Tracker

Kompas.com - 21/09/2019, 16:02 WIB
Yamaha R25 street tracker Katros GarageYamaha R25 street tracker

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor sport full fairing tidak menutup kemungkinan untuk di- kustom bergaya retro atau klasik. Contohnya, Yamaha R25 garapan Katros Garage yang disulap gaya street tracker.

Dari sekian banyak motor sport 250 cc yang beredar di Indonesia, R25 ternyata memiliki beberapa kelebihan untuk di-custom. Menurut Andi Akbar, builder dari Katros Garage, R25 memiliki karakter suara yang lebih halus dan stereo dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 250.

Baca juga: Benelli Patagonian Eagle Tracker, Tanpa Potong Sasis

"Selain itu, dimensi bodi juga masih lebih besar dari Ninja 250," ujar pria yang juga akrab disapa Atenk tersebut, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yamaha R25 street trackerKatros Garage Yamaha R25 street tracker

Namun, masih menurut Atenk, R25 juga memiliki kekurangan. Sasisnya dinilai terlalu modern, sehingga jika di-custom dengan gaya retro atau klasik, pilihan bodi atau tangki terbatas.

Atenk menjelaskan, R25 street tracker ini mengalami rombakan pada bagian sasisnya lumayan banyak dan lumayan susah. Paling repot ada di bagian bawah tangki.

Baca juga: Honda Astrea 800 Custom, Streetcub Kelas Pekerja

"Sebab, sasisnya agak melebar. Terpaksa sasisnya dikecilin atau dibikin ramping agar tangki barunya bisa masuk," kata Atenk.

Yamaha R25 street trackerKatros Garage Yamaha R25 street tracker

Dampak dari sulitnya pengerjaan sasis ini jadi berimbas juga ke pengerjaan bodi yang jadi lebih lama. Total pengerjaannya memakan waktu hingga tiga bulan.

Sementara untuk bagian kaki-kakinya, Atenk memilih untuk tetap mengandalkan pelek aslinya. Namun, untuk pilihan ban disesuaikan dengan konsepnya.

Yamaha R25 street trackerKatros Garage Yamaha R25 street tracker

"Sokbreker depan diganti dengan model upside down, agar terlihat lebih kekar. Lalu untuk swingarm masih orisinil, tapi suspensinya diganti dari monoshock jadi pakai dua sokbreker, agar aura klasiknya semakin terlihat," ujar Atenk.

Selain pelek dan swingarm, di bagian kokpit atau speedometer, Atenk juga mempertahankan bawaan R25. Alasannya, karena motor ini sudah injeksi dan Atenk ingin sistem komputernya tetap berfungsi dengan normal tanpa ada kendala.

Yamaha R25 street trackerKatros Garage Yamaha R25 street tracker

Data spesifikasi Yamaha R25 Street Tracker:
Ban depan: Shinko 805, 130/80-17
Ban belakang: Shinko 805, 150/70-17
Suspensi depan: Upside down Scarlet Racing
Suspensi belakang: YSS
Lampu depan dan belakang: Aftermarket
Lampu sein: Aftermarket
Knalpot: Katros Muffler

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X