Pebalap Indonesia Meninggal Usai Kecelakaan di Sirkuit Sepang

Kompas.com - 02/11/2019, 19:15 WIB
Afridza Munandar berhasil merebut podium pertama di race 1 Asia Talent Cup (ATC) Seri 2 di Sirkuit Buriram , Thailand. Foto: AHM Foto: AHMAfridza Munandar berhasil merebut podium pertama di race 1 Asia Talent Cup (ATC) Seri 2 di Sirkuit Buriram , Thailand. Foto: AHM
|

SEPANG, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari ajang Asia Talent Cup ( ATC), pebalap muda Indonesia, Afridza Syach Munandar meninggal setelah terjadi insiden di Race 1 ATC, Sabtu (2/11/2019).

Pebalap orbitan Astra Honda Racing Team (AHRT) itu jatuh di tikungan ke-10 di lap pertama setelah terlibat senggolan dengan pebalap Jepang. Saat itu Afridza yang memakai nomor '4' sedang berada di posisi ketujuh.

Afridza menyenggol motor di depannya saat mau keluar tikungan. Usai terjatuh tak lama marshall mengibarkan bendera merah, tanda balapan dihentikan. Para pebalap pun masuk kembali ke paddock.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia, Quartararo Terdepan, Marquez Tercecer

Tampak dalam tayangan balapan yang diunggah ATC di akun Youtube, Afridza sempat mendapatkan perawatan medis di sisi lintasan, sebelum akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter.

Situs MotoGP.com menyampaikan bahwa staf medis rumah sakit sudah berupaya sebaik mungkin untuk mengobati Afridza. Namun akhirnya nyawanya tidak tertolong.

Afridza adalah salah satu pebalap terbaik lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) pada tahun 2017. Sebagai pebalap muda berbakat, ia terpilih seleksi Dorna Sport untuk mengikuti ajang balap ATC sejak tahun 2018.

Afridza Munandar berhasil merebut podium pertama di race 1 Asia Talent Cup (ATC) Seri 2 di Sirkuit Buriram , Thailand. Foto: AHMFoto AHM Afridza Munandar berhasil merebut podium pertama di race 1 Asia Talent Cup (ATC) Seri 2 di Sirkuit Buriram , Thailand. Foto: AHM

Tahun ini, Afridza menjadi andalan AHRT untuk memperebutkan gelar juara akhir pekan ini di ATC. Sepanjang 2019, dia sudah mengemas dua kemenangan, dua kali runner up, dan dua kali posisi ketiga selama satu musim.

Baca juga: Quartararo Ngebut di FP1 MotoGP Malaysia, Rossi Jauh Tertinggal

Sampai seri Sepang yang merengut nyawanya, Afridza sedang berada di posisi ketiga klasemen dengan 142 poin, tertinggal 27 angka dari pemimpin klasemen sementara.

"FIM, Dorna Sports, dan semua yang ada di Idemitsu ATC menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Munandar," tulis MotoGP.com, dalam siaranya, Sabtu (2/11/2019).

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Afridza yang telah banyak menginspirasi pebalap Tanah Air lainnya.

"Kami juga turut menyampaikan duka untuk keluarga yang ditinggalkan Afridza. Semoga diberi ketabahan dan selalu dalam lindungan Allah SWT," ujar Muhib.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X