Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2019

Sistem Hybrid Baru Honda Sport i-MMD, Rumit tapi Anti-Lemot

Kompas.com - 24/10/2019, 19:20 WIB
Teknologi hybrid Honda Sport i-MMD Azwar Ferdian/Kompas.comTeknologi hybrid Honda Sport i-MMD
|

MOTEGI, KOMPAS.com - Era kendaraan berdaya listrik terus mengalami perkembangan. Hampir setiap produsen menawarkan teknologi yang diklaim terbaik serta memiliki keunggulan.

Salah satunya adalah Honda dengan sistem hybrid bernama i-MMD atau intelligent multi mode drive. Apa keunggulan teknologi ini? Apalagi Honda menyebutnya dengan tambahan kata Sport i-MMD.

"Sistem ini mewujudkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dengan menggunakan sistem dua motor listrik, serta kesenangan berkendara dengan akselerasi yang cepat dan responsif," ucap Akihiro Watanabe, Honda R&D Jepang, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Makin Aman, All New Honda Jazz Punya 8 Sensor Sonar

i-MMD yang diusung Honda terdiri dari rangkaian mesin bensin konvensional (1,5 liter dan 2,0 liter), dua motor listrik, dan baterai.

Pengemudi tidak perlu repot lagi mengatur mau berkendara dengan mode apa, karena diatur secara otomatis oleh mesin.

Pengoperasiannya dapat dibagi kedalam tiga mode berkendara EV Drive (tenaga listrik penuh), hybrid drive, dan menggunakan mesin bensin konvensional (Engine Drive).

Mode berkendara ini akan berganti-ganti secara otomatis sesuai dengan kecepatan berkendara.

Honda Insight yang sudah mengadopsi Sport i-MMDAzwar Ferdian/Kompas.com Honda Insight yang sudah mengadopsi Sport i-MMD

Pada mode Engine Drive, pengoperasian sepenuhnya menggunakan mesin bensin. Di mode ini, digunakan hanya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi (di atas 80 kpj).

Baca juga: All New Honda Jazz Resmi Meluncur, Wajah Berubah Total

"Dengan terus berganti-ganti diantara tiga mode tersebut dan menggunakan setiap mode dengan efektif, kami mampu mewujudkan efisiensi bahan bakar yang tinggi serta kualitas pengendaraan mobil listrik yang tinggi," kata Watanabe.

Sistem ini hampir mirip dengan sistem PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Hanya saja, pada PHEV mesin bensin tidak terhubung dengan sistem penggerak kemudian ke roda. Mesin bensin ini hanya bertugas menjadi penyuplai tenaga buat baterai.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X