Buram dan Menguning, Rekondisi Lampu Depan Mobil Mulai Rp 350.000

Kompas.com - 22/10/2019, 11:02 WIB
Ilustrasi lampu depan mobil yang berubah warna jadi kuning dan buram whichcar.com.auIlustrasi lampu depan mobil yang berubah warna jadi kuning dan buram
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penampilan mobil lawas akan terganggu jika kondisi mika lampu depan buram atau berubah warnanya menjadi kuning. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun.

Dampaknya tak cuma mengurangi estetika, namun secara safety ikut berpengaruh. Sebab pancaran sinar lampu jadi redup, tak bisa maksimal karena tertahan kondisi mika yang buram. Visibilitas saat malam hari pun dapat terganggu.

Untuk mengatasinya, tak ada salahnya membawa mobil kesayangan ke bengkel aksesori atau spesialis rekondisi lampu. Di sana, lampu depan mobil akan dibersihkan hingga seperti baru lagi.

Baca juga: Ini Rincian Biaya Rekondisi Kaki-kaki Mobil Bekas

Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigiitstillruns.com Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigi

“Cara sederhana membersihkan mika lampu sebetulnya bisa dilakukan pakai pasta gigi,” ujar Riko pemilik bengkel RH Garage di Bintaro Trade Center Blok H2-41, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com (21/10/2019).

“Tapi kalau lampu sudah buram dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” katanya.

Proses pembersihan mika lampu juga hanya memakan waktu sekitar beberapa jam saja, tergantung dari bahan lem perekat yang ingin digunakan seusai membersihkan lampu.

Baca juga: Ini Biaya Rekondisi Eksterior Mobil, Ternyata Tak Mahal

RH Garage melayani rekondisi lampu depan mobil jenis apapunGridOto.com RH Garage melayani rekondisi lampu depan mobil jenis apapun

Riko menawarkan dua jenis perekat, menggunakan lem basah akan menghabiskan waktu sekitar dua jam, dengan biaya Rp 350.000 per mobil.

Selain itu juga ada lem kering atau permanen dengan estimasi pengerjaan sekitar empat jam, biayanya Rp 750.000 per mobil.

“Bedanya lem basah itu lebih gampang dibongkar pasang, karena cukup dipanaskan lagi lem akan meleleh. Kalau lem kering harus dibersihkan dulu sisa-sisa lemnya, dikerok sebelum dipasang, proses pemasangan jadi lebih lama tapi daya rekatnya lebih kuat,” ujar Riko.

Baca juga: Biaya Rekondisi Interior Mobil Mulai Rp 2 Jutaan

Mika headlamp yang bersih membuat terang cahaya lampu bisa maksimal menerangi jalanautoguru.com.au Mika headlamp yang bersih membuat terang cahaya lampu bisa maksimal menerangi jalan

Nanti setelah dibuka, mika lampu bagian luar akan diamplas dua kali menggunakan amplas kasar dan halus. Setelah itu mika bagian luar dipoles hingga mengilap. Sedangkan mika bagian dalam tidak diamplas, tapi cukup dipoles saja sampai bersih.

Bagian terpenting dari proses pembersihan mika lampu terletak dari pemasangan mika dan rumah lampu. Kalau salah atau tidak rapat, berisiko kemasukan air saat hujan atau mobil dicuci. Riko pun kasih garansi untuk menjamin hasil garapannya sempurna.

“Harga tadi sudah termasuk ongkos pasang dan jasa, kami juga kasih garansi kalau sampai mengembun silakan kembali lagi,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X