Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buram dan Menguning, Rekondisi Lampu Depan Mobil Mulai Rp 350.000

JAKARTA, KOMPAS.com – Penampilan mobil lawas akan terganggu jika kondisi mika lampu depan buram atau berubah warnanya menjadi kuning. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun.

Dampaknya tak cuma mengurangi estetika, namun secara safety ikut berpengaruh. Sebab pancaran sinar lampu jadi redup, tak bisa maksimal karena tertahan kondisi mika yang buram. Visibilitas saat malam hari pun dapat terganggu.

Untuk mengatasinya, tak ada salahnya membawa mobil kesayangan ke bengkel aksesori atau spesialis rekondisi lampu. Di sana, lampu depan mobil akan dibersihkan hingga seperti baru lagi.

“Cara sederhana membersihkan mika lampu sebetulnya bisa dilakukan pakai pasta gigi,” ujar Riko pemilik bengkel RH Garage di Bintaro Trade Center Blok H2-41, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com (21/10/2019).

“Tapi kalau lampu sudah buram dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” katanya.

Proses pembersihan mika lampu juga hanya memakan waktu sekitar beberapa jam saja, tergantung dari bahan lem perekat yang ingin digunakan seusai membersihkan lampu.

Riko menawarkan dua jenis perekat, menggunakan lem basah akan menghabiskan waktu sekitar dua jam, dengan biaya Rp 350.000 per mobil.

Selain itu juga ada lem kering atau permanen dengan estimasi pengerjaan sekitar empat jam, biayanya Rp 750.000 per mobil.

“Bedanya lem basah itu lebih gampang dibongkar pasang, karena cukup dipanaskan lagi lem akan meleleh. Kalau lem kering harus dibersihkan dulu sisa-sisa lemnya, dikerok sebelum dipasang, proses pemasangan jadi lebih lama tapi daya rekatnya lebih kuat,” ujar Riko.

Nanti setelah dibuka, mika lampu bagian luar akan diamplas dua kali menggunakan amplas kasar dan halus. Setelah itu mika bagian luar dipoles hingga mengilap. Sedangkan mika bagian dalam tidak diamplas, tapi cukup dipoles saja sampai bersih.

Bagian terpenting dari proses pembersihan mika lampu terletak dari pemasangan mika dan rumah lampu. Kalau salah atau tidak rapat, berisiko kemasukan air saat hujan atau mobil dicuci. Riko pun kasih garansi untuk menjamin hasil garapannya sempurna.

“Harga tadi sudah termasuk ongkos pasang dan jasa, kami juga kasih garansi kalau sampai mengembun silakan kembali lagi,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/22/110200315/buram-dan-menguning-rekondisi-lampu-depan-mobil-mulai-rp-350.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke