Biaya Rekondisi Interior Mobil Mulai Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 22/10/2019, 07:22 WIB
Interior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtech Aditya Maulana - OtomaniaInterior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtech
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Masalah klasik pada interior mobil lawas adalah memudarnya warna, atau bahan karet dan plastik yang mulai kering karena pengaruh cuaca. Kejadian ini bahkan membuat bahan pelapis interior bisa robek atau terkelupas karena bahan getas.

Buat yang ingin merestorasi mobil bekas, mengganti bahan interior dengan yang orisinil mungkin agak sulit. Selain karena barangnya jarang, harga pelapis interior yang asli harganya bisa melambung tinggi.

Solusinya adalah dengan mengganti bahan pelapis jok bawaan dengan versi aftermarket seperti yang dilakukan oleh Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter Jakarta Utara.

Baca juga: Kisaran Biaya Perbaikan Awal Usai Beli Mobil Bekas

Pengunjung di arena Pameran Edukasi Up-grade Interior Mobil Toyota, sedang melihat aneka Jok yang dihasilkan oleh Danish Car Interior. Selain menyaksikan aneka design jok mobil, pengunjung juga mendapat edukasi bagaimana memilih jok yang benar dan berkualitas. Pameran digelar hingga tanggal 10 April 2017 di Banda Aceh.Daspriani Y Zamzami Pengunjung di arena Pameran Edukasi Up-grade Interior Mobil Toyota, sedang melihat aneka Jok yang dihasilkan oleh Danish Car Interior. Selain menyaksikan aneka design jok mobil, pengunjung juga mendapat edukasi bagaimana memilih jok yang benar dan berkualitas. Pameran digelar hingga tanggal 10 April 2017 di Banda Aceh.

Menariknya Vertue Concept tak hanya menjajakan bahan pelapis dari kulit saja, tapi juga bahan fabric, untuk jok maupun panel-panel di interior lainnya.

Seperti perbaikan bahan setir, shift-knob, cover shift-knob, dasbor, panel trimming, pilar A-B-C, hingga berbagai panel dengan harga bervariasi mulai sekitar Rp 2 jutaan.

“Penggantian jok kulit asli untuk mobil dengan dua baris tempat duduk sekitar Rp 10 jutaan, untuk tiga baris tempat duduk sekitar Rp 13 jutaan, itu pakai bahan asli yang diimpor dari luar negeri," katanya kepada Kompas.com Senin (21/10/2019).

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Lebih Penting Interior Bagus atau Bodi Mulus?

Aneka corak pelapis pada interior mobil.Febri Ardani Aneka corak pelapis pada interior mobil.

Untuk diketahui, kelebihan utama bahan impor adalah warnanya yang bisa menyerupai bahan pelapis asli. Selain itu dari kelenturan dan elastisitas pun lebih baik dari bahan kulit kebanyakan.

Sementara untuk alternatif, tersedia juga pilihan kulit sintetis buatan lokal yang dipatok lebih murah dari harga bahan asli, yaitu kisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X