[POPULER OTOMOTIF] Ujian Praktik SIM Secara Elektronik | Melanggar Jalur Khusus Sepeda Denda Rp 500.000

Kompas.com - 15/10/2019, 06:02 WIB
unit uji SIM A dan SIM C yang digelar Garda Oto. Febri Ardaniunit uji SIM A dan SIM C yang digelar Garda Oto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memberlakukan ujian praktik untuk pemohon surat izin mengemudi ( SIM) secara elektronik. Jadi ketika mengikuti tes disetiap patok dipasang sensor.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menariknya lagi tentang denda bagi mobil dan sepeda motor yang melanggar di jalur khusus sepeda akan dikenakan denda maksimal Rp 500.000.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Senin 14 Oktober 2019:

1. Siap-siap Ujian Praktik SIM Dibuat Secara Elektronik

Salah satu syarat yang harus dilewati oleh para pemohon surat izin mengemudi (SIM), yaitu melakukan ujian praktik. Apabila semua rintangan berhasil dilakukan, maka orang tersebut berhak mendapatkan bukti registrasi dan identifikasi dari polri.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, ujian praktik SIM akan dibuat secara elektronik alias electronic driving system (e-drive).

Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar mengatakan, tujuan diberlakukannya ujian praktik secara komputerisasi ini untuk memberikan penilaian yang objektif.

"Jadi nanti akan dipasang sensor pada patok saat pemohon SIM menjalankan ujian praktik mengemudi," ucap Fahri akhir pekan lalu di Jakarta.

Baca juga: Siap-siap Ujian Praktik SIM Bakal Dibuat Secara Elektronik

2. Diskon Puluhan Juta Rupiah, Penjualan Sienta dan Fortuner Anjlok

Toyota Sienta Facelift resmi meluncur di Indonesia, Senin (2/9/2019) Toyota Sienta Facelift resmi meluncur di Indonesia, Senin (2/9/2019)

Penjualan mobil pada periode Januari-Agustus 2019 tercatat merosot, dibandingkan dengan tahun lalu dengan periode yang sama. Maka itu, beberapa dealer menawarkan berbagai promo menarik untuk menghabiskan stok lama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X