Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Bebaskan Tiap Diler Atur Diskon Masing-masing

Kompas.com - 09/10/2019, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rahasia umum bahwa sales memiliki target jualan dari diler mobil. Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya ialah dengan memberikan potongan harga alias diskon untuk menjaring konsumen.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan, diskon merupakan kebijakan masing-masing diler. Diler memiliki hak prerogatif dalam menentukan besaran diskon yang diberikan.

Baca juga: Daihatsu Rancang Mesin 1.0 Liter Turbo Buat Mobil Anak Muda?

"Yang mengatur diskon ialah masing-masing diler, APM (ADM) tidak ikut campur," kata Amelia di peluncuran web series Pergi Pagi Pulang Untung (P3U) season 3 bertajuk "Reborn", di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Amelia bahkan menyebut APM tidak menentukan batas diskon yang boleh diberikan diler Daihatsu. Artinya tiap diler memiliki kebijakan sendiri untuk bersaing dengan diler lain sesuai kemampuannya.

"Tidak, APM tidak kasih batasan, dan mereka (diler) biasanya melakukan diskon sesuai dengan kemampuannya, tidak banting-bantingan sehingga rugi," kata Amelia.

Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.

Tak Ingin Banting Harga

Kendati demikian, Amelia tidak ingin ada perang diskon karena justru membuat pasar tidak sehat. 

Baca juga: Daihatsu Thor Cuma Jalan-Jalan di Indonesia

"Karena kami mengangap nantinya jika dipaksakan akan mendapat customer yang tidak sehat. Kalau tidak sehat akibatnya mobil yang ditarik banyak, kalau tarikannya banyak nonperforming loan (NPL) tinggi dan perusahaan pembiayaan rugi," katanya.

Jika perusahaan pembiayaan rugi, maka leasing tidak punya dana untuk membiayai konsumen yang ingin membeli mobil baru dengan cara kredit. Padahal saat ini pembelian kredit merupakan opsi paling banyak dipilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com