Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kasus Gagal, Daihatsu Tolak Pasarkan Thor di Indonesia

Kompas.com - 08/10/2019, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Thor yang sempat terlihat jalan-jalan di Indonesia hanya sekadar tes jalan. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan tidak akan memasarkannya di Indonesia.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan, pihaknya tidak tertarik merilis Thor di Indonesia, karena melihat banyak produk serupa yang dikeluarkan pabrikan lain gagal di pasar.

Baca juga: Daihatsu Thor Cuma Jalan-Jalan di Indonesia

"Berdasarkan data, kami melihat mobil-mobil yang seperti Thor yang sudah dikeluarkan oleh teman-teman (pabrikan) lain itu gagal. Honda keluarkan Freed tutup, kemudian Toyota Sienta juga volumenya kurang bagus," kata Amelia di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Daihatsu ThorFoto: Mobil123 Daihatsu Thor

Analisis Amelia, masyarakat Indonesia memang tidak menyukai mobil seperti Thor dan sejenisnya. Apalagi Thor memiliki bentuk kotak (boxy) dengan pintu geser namun hanya bisa memuat lima penumpang.

Baca juga: Daihatsu Rancang Mesin 1.0 Liter Turbo Buat Mobil Anak Muda?

"Karena masyarakat Indonesia kurang suka model-model seperti itu. Kalau kita keluarkan sama saja nanti volumenya kecil," katanya.

Seperti diberitakan, Daihatsu Thor tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di ruas Tol Jakarta - Cikampek. Sosoknya terlihat jelas tanpa ditutupi stiker kamuflase seperti biasanya mobil baru.

Amelia mengatakan, mobil berbentuk kotak itu ''jalan-jalan'' di tol untuk keperluan riset dan pengembangan. Sebab Daihatsu memang memiliki fasilitas R&D sendiri di Karawang Timur, Jawa Barat.

Soal apa yang dites, R&D Daihatsu Indonesia mencoba melakukan uji jalan Thor menggunakan mesin 1.0 liter turbo. Tujuannya untuk menguji perbedaan mesin kecil pakai turbo dan konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com