Intip Spesifikasi SUV Asal China yang Diklaim Mirip Esemka Garuda 1

Kompas.com - 02/10/2019, 15:23 WIB
Foday Landfort yang disebut mirip Esemka Garuda 1. IstimewaFoday Landfort yang disebut mirip Esemka Garuda 1.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) membuat heboh dengan mengunggah foto mobil SUV yang bernama Garuda 1. Model itu akan menjadi mobil kedua yang diluncurkan Esemka setelah mobil pikap Bima.

Hal lain yang membuat heboh, karena Garuda 1 dikatakan sangat mirip dengan mobil asal China, yakni Foday Landfort. Tak sedikit yang menduga Garuda 1 hanyalah versi rebadge dari Foday Landfort.

Baca juga: Bocoran Harga Esemka Garuda 1, Cuma Rp 200 Jutaan

Foday Landfort juga dikenal dengan nama Lanfu. Mobil tersebut sudah meluncur sejak 2014 di China. Mobil SUV ini memiliki kapasitas tujuh penumpang.

SUV Esemka Garuda 1 SUV Esemka Garuda 1

Sementara untuk dimensi, Foday Landfort memiliki panjang 4.771 milimeter, lebar 1.870 mm, tinggi 1828 mm, jarak sumbu roda 2.790 mm dan jarak terendah ke tanah 217 mm.

Dari sektor mesin, Foday Landfort tersedia dalam dua pilihan mesin. Pertama, menggunakan mesin Mitsubishi 4G69S4N dengan kapasitas 2.378 cc. Kedua, menggunakan jantung pacu jenis diesel D19TCID1 dengan turbocharged yang berkapasitas 1.850 cc.

SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Esemka Garuda 1 yang Siap Meluncur

Foday Landfort diproduksi hanya menggunakan transmisi manual. Jika memang Esemka Garuda 1 merupakan rebadge dari Foday Landfort, maka seharusnya mobil ini nantinya akan memiliki spesifikasi yang sama seperti Foday Landfort yang menggunakan mesin diesel.

Diketahui, Esemka sudah mendaftarkam Garuda 1 di lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

SUV Esemka Garuda 1 SUV Esemka Garuda 1

Esemka Garuda 1 memiliki NJKB Rp 209.000.000 dan Dasar Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp 219.450.000. Dari daftar itu, terlihat juga spesifikasi Garuda 1 akan menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc dengan transmisi manual.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X