Kecelakaan Cipularang, Pemerintah Harus Perhatikan Sopir Truk

Kompas.com - 03/09/2019, 12:18 WIB
Truk Hantam Separator Bus Transjakarta di Jalan MT. Haryono Walda MarisonTruk Hantam Separator Bus Transjakarta di Jalan MT. Haryono

JAKARTA, KOMPAS.com - Sopir truk sering kali dijadikan kambing hitam atas kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Entah karena kemampuannya yang belum mumpuni atau lalai saat bertugas.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman, mengatakan, bahwa supir truk saat ini tidak ada regenerasi.

Kebanyakan dari supir truk sekarang yang berpengalaman dan memiliki skil baik adalah sopir senior dengan rentang usia 40 tahun sampai 50 tahun.

Baca juga: Aptrindo Keluhkan Sedikitnya Regenerasi Sopir Truk

Beberapa APM truk di Indonesia memang menawarkan pelatihan kepada perusahaan-perusahaan yang menjadi konsumennya.

Namun, pelatihan tersebut hanya untuk pengemudi yang sudah terampil, bukan mencetak pengemudi yang baru.

Mobil ringsek akibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang Purwakarta, Senin (2/9/2019). 
Tribunjabar.id/Ery Chandra Mobil ringsek akibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang Purwakarta, Senin (2/9/2019).

"Sedangkan, yang kita butuhkan ini cetak baru. Seharusnya, di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ada jurusan mengemudi," ujar Kyatmaja, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kyatmaja menambahkan, Aptrindo sudah melakukan pendekatan pada pemerintah. Namun, sampai saat ini belum ada tanggapan serius.

Baca juga: Pengusaha Bus Tanggapi Kecelakaan di Tol Cipularang

"Kita sudah merancang dengan Kemendes, agar BUMDes membuka pelatihan dan penempatan. Tapi, sampai sekarang juga belum jalan," kata Kyatmaja.

Menurut Kyatmaja, sampai saat ini, instansi-instansi pemerintah itu belum efektif melakukan pencetakan, pelatihan, dan penempatan SDM.

Padahal, kalau langkah-langka yang sudah diajukan Aptrindo bisa dijalankan secara masif oleh pemerintah, maka kualitas supir truk di Indonesia juga bisa ditingkatkan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X