Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aptrindo Keluhkan Sedikitnya Regenerasi Sopir Truk

Kompas.com - 20/08/2019, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah sopir truk di Indonesia diyakini oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) terus berkurang. Salah satu muara permasalahannya adalah, minimya regenerasi profesi yang mendukung laju perekonomian negara lewat transportasi dan distribusi ini.

Wakil Ketua Umum Aptrindo Kyatmaja Lookman, mengatakan, menjadi sopir truk itu tidak ada sekolahnya. Seseorang menjadi sopir biasanya terpaksa, karena mau coba kerja di mana-mana tidak bisa, akhirnya menyupir saja.

Baca juga: Volvo Trucks Indonesia Tunggu Prinsipal Soal Truk Listrik

"Jadi supir truk itu butuh lima tahun sampai dapat SIM B2 untuk mengemudikan kendaraan besar. Kemudian, dulu itu kan sopir adalah alumni kernet. Sekarang, membiayai kernet itu mahal, karena upah minimum regional juga naik terus," ujar Kyatmaja, saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Kyatmaja menambahkan, saat ini kernet banyak yang memilih untuk menjadi buruh atau tukang bangunan, agar bisa sering pulang. Akhirnya, supir ini rata-rata jalan tanpa kernet. Ketika jalan tanpa kernet, akhirnya tidak ada lagi regenerasi sopir truk.

Pemkab Luwu siapkan 4 truk logistik untuk pengungsi korban bencana alam asal Palu, Donggala dan Sigi Biromaru, Kamis (11/10/2018)KOMPAS.com/AMRAN AMIR Pemkab Luwu siapkan 4 truk logistik untuk pengungsi korban bencana alam asal Palu, Donggala dan Sigi Biromaru, Kamis (11/10/2018)

"Sekarang ini, generasi sopir truk adalah generasi senior rata-rata, usia 40 tahun sampai 50 tahun. Pria usia 20 tahun sampai 30 tahun lebih banyak yang memilih ojek atau taksi online. Sebab, mereka bisa sering pulang ke rumah, bisa mencicil mobil, dan lainnya. Itu menjadi pilihan yang terbaik menurut mereka," kata Kyatmaja.

Tidak adanya kernet yang merupakan calon atau cikal bakal sopir truk, maka saat ini lebih banyak pengemudi yang berusia tua yang beroperasi. Perusahaan pun kesulitan untuk mencari sopir truk.

Baca juga: Truk Listrik Volvo Akan Masuk ke Indonesia

Kyatmaja memberikan contoh kasus tentang pengusaha nikel di Manokwari, yang didapatnya dari Menteri Tenaga Kerja. "Pertama kali dibuka itu dibutuhkan 80 sopir dengan persyaratan SIM B2 Umum. Tapi yang daftar hanya 9 orang. Akhirnya, diturunkan lagi kualifikasinya, jadi SIM B1. Walaupun supir mobil besar, golongan empat. Tetap saja yang daftar cuma 9 orang," ujar Kyatmaja.

Akhirnya, lanjut Kyatmaja, dibebaskanlah kualifikasinya oleh pemilik tambang. Barulah semuanya mendaftar. Namun, dengan begitu tingkat kecelakaannya menjadi tinggi.

"Beli truk tidak susah, tapi dalam kondisi seperti ini, cari pengemudinya yang susah," kata Kyatmaja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com