Sirkuit Jalanan Formula E Akan Tonjolkan Ikon Jakarta

Kompas.com - 20/08/2019, 10:28 WIB
2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta direncanakan menjadi tuan rumah balap Formula E yang akan dihelat pada 2020 mendatang.

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah mulai merencanakan anggaran yang dibutuhkan dalam perhelatan balap mobil listrik tersebut.

Lantas di mana ruas jalan Jakarta yang akan digunakan sebagai lapak lintasan balap Formula E tersebut?

Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno, mengatakan sampai saat ini hal tersebut masih dalam pembahasan lebih dulu.

"Itu (lintasan) belum putus nanti dulu, jadi kita siapkan yang lain sambil menunggu penugasan resmi yang diberikan ke kami. Kalau dari pembahasan, memang sudah ada beberapa," kata Hani ketika dihubungi Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Pemprov DKI Makin Serius Gelar Formula E di Jalanan Jakarta

Lebih lanjut Hani menjelaskan, ada dua poin utama kenapa Formula E akan diselenggarakan di Jakarta. Pertama lebih untuk mengedukasi dan menekankan mengenai kendaraan ramah lingkungan, dalam hal ini mobil listrik.

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Sementara untuk faktor kedua, untuk mengenalkan Indonesia, terutama Jakarta, di dunia Internasional. Karena itu, lintasan balap yang akan digunakan nantinya juga akan menyasar pada beberapa ikon Ibu Kota.

"Iya, jadi memang akan dicari ruas jalan yang melihatkan ikon Jakarta. Tapi sampai saat ini memang belum diputuskan dimana letaknya karena kami masih dalam persiapan dan diskusi dengan beberapa instansi lain," kata Hani.

Meski demikian, beberapa waktu lalu Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia ( IMI) Sadikin Aksa menjelaskan, ada beberapa ruas jalan yang kemungkinan cocok untuk dijadikan sirkuit balap di Formula E di Jakarta.

Baca juga: Gelar Formula E, Ini yang Harus Dipersiapkan Jakarta

Demo Formula E di Las Vegas pada awal minggu bulan inihttp://www.fiaformulae.com/ Demo Formula E di Las Vegas pada awal minggu bulan ini

Mulai Jalan Medan Merdeka sampai Jalan M.H Thamrin, di Jakarta Pusat, karena memiliki lebar yang dianggap cukup memungkinkan.

Namun demikian, masih persiapan teknis lain yang juga harus diperhatikan untuk memenuhi standar FIA, termasuk masalah desain sirkuitnya.

"Terpenting rencana ini sudah dikunci penyelenggaraannya terlebih dulu. Formula E ini bisa jadi promosi buat Indonesia karena disiarkan secara live ke seluruh dunia. Kami sebagai federasi siap mendukung dan mendampingi pemerintah kota untuk persiapnnya nanti," ucap Sadikin.

Sirkuit jalanan bukanlah hal baru dalam dunia balap internasional. Pada ajang balapan Formula 1 misalnya, balapan di Monaco menggunakan sirkuit jalan raya. Selain itu GP Singapura juga menggunakan sirkuit jalan raya di Marina Bay.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X