Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Makin Serius Gelar Formula E di Jalanan Jakarta

Kompas.com - 20/08/2019, 09:22 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menggelar Formula E pada 2020 mendatang semakin serius. Bahkan perhitungan perkiraan dana yang akan dipersiapkan pun sudah mulai diajukan.

Diketahui, Pemprov sampai saat ini sudah mengajukan perkiraan dalam Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 dan 2020 untuk perhelatang balap mobil listrik mencapai Rp 1,6 triliun.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro), sebagai penyelenggarakan juga sudah mengajukan suntikan dana sebesar Rp 305,2 miliar.

Ketika mengonfirmaskan soal persiapan dan dana yang diajukan, Corporate Secretary Jakpro Hani Sumarno, menjelaskan bahwa pengajuan dana tersebut masih tentatif atau belum perhitungan spesifik. Sementara untuk persiapan masih terus dilakukan sampai saat ini.

Baca juga: Isu Polusi, Jadi Cerita Jakarta Gelar Balapan Formula E

"Itu belum final soal penjabarannya, kita juga akan bikin yang lebih rinci atau spesifik lagi nanti. Persiapan kita masih kerjakan sambil menunggu penerbitan peraturan gubernur (Pergub) untuk penugasan resminya," ucap Hani saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Hani menjelaskan Jakpro akan menggandeng banyak pihak untuk melakukan persiapan balap Formula E di Jakarta pada 2020 mendatang. Selain dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Olahrga (Kempora), Jakpro juga akan berdiskusi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Formula E dianggap penyelamat dunia motorsport di masa depan, lewat teknologi ramah lingkungan. The Verge Formula E dianggap penyelamat dunia motorsport di masa depan, lewat teknologi ramah lingkungan.

"Yang jelas kita sudah mulai melakukan persiapan, diskusi dengan IMI juga akan kami lakukan secara intens. Sekarang yang penting itu kita tunggu penugasannya lebih dulu dari pak gubernur," ujar Hani.

Baca juga: Formula E Cari Jadwal yang Tepat untuk Balapan di Jakarta

Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Pusat IMI Sadikin Aksa, mengatakan untuk menggelar Formula E, Jakarta harus menyiapkan sirkuitnya. Karena balap mobil listrik jarang dilaksanakan di lintasan tertutup, maka jalan perkotaan akan menjadi lintasannya.

Untuk rute perkotaan, Sadikin mengatakan paling tidak jarak yang dibutuhkan lebih dari 3 kilometer (km). Seperti diketahui, saat ini ada 12 kota yang menggelar Formula E menggunakan jalur perkotaan, beberapa diantaranya seperti Berlin, New York, Sanya, Hong Kong, Paris, dan Roma.

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

"Nanti biasanya ada desain sirkuit oleh desainer. Penyelenggara kemudian koordinasikan dengan IMI sebagai induk organisasi olahraga bermotor. Nanti kita bawa ke FIA sebagai federasi tertinggi lalu bersama-sama berdiskusi dengan pemerintah kota," ujar Sadikin bulan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com