Pemprov DKI Makin Serius Gelar Formula E di Jalanan Jakarta

Kompas.com - 20/08/2019, 09:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E 2020 melalui akun instagramnya. Dok. Instagram/aniesbaswedanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E 2020 melalui akun instagramnya.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menggelar Formula E pada 2020 mendatang semakin serius. Bahkan perhitungan perkiraan dana yang akan dipersiapkan pun sudah mulai diajukan.

Diketahui, Pemprov sampai saat ini sudah mengajukan perkiraan dalam Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 dan 2020 untuk perhelatang balap mobil listrik mencapai Rp 1,6 triliun.

PT Jakarta Propertindo ( Jakpro), sebagai penyelenggarakan juga sudah mengajukan suntikan dana sebesar Rp 305,2 miliar.

Ketika mengonfirmaskan soal persiapan dan dana yang diajukan, Corporate Secretary Jakpro Hani Sumarno, menjelaskan bahwa pengajuan dana tersebut masih tentatif atau belum perhitungan spesifik. Sementara untuk persiapan masih terus dilakukan sampai saat ini.

Baca juga: Isu Polusi, Jadi Cerita Jakarta Gelar Balapan Formula E

"Itu belum final soal penjabarannya, kita juga akan bikin yang lebih rinci atau spesifik lagi nanti. Persiapan kita masih kerjakan sambil menunggu penerbitan peraturan gubernur (Pergub) untuk penugasan resminya," ucap Hani saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Hani menjelaskan Jakpro akan menggandeng banyak pihak untuk melakukan persiapan balap Formula E di Jakarta pada 2020 mendatang. Selain dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Olahrga (Kempora), Jakpro juga akan berdiskusi dengan Ikatan Motor Indonesia ( IMI).

Formula E dianggap penyelamat dunia motorsport di masa depan, lewat teknologi ramah lingkungan. The Verge Formula E dianggap penyelamat dunia motorsport di masa depan, lewat teknologi ramah lingkungan.

"Yang jelas kita sudah mulai melakukan persiapan, diskusi dengan IMI juga akan kami lakukan secara intens. Sekarang yang penting itu kita tunggu penugasannya lebih dulu dari pak gubernur," ujar Hani.

Baca juga: Formula E Cari Jadwal yang Tepat untuk Balapan di Jakarta

Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Pusat IMI Sadikin Aksa, mengatakan untuk menggelar Formula E, Jakarta harus menyiapkan sirkuitnya. Karena balap mobil listrik jarang dilaksanakan di lintasan tertutup, maka jalan perkotaan akan menjadi lintasannya.

Untuk rute perkotaan, Sadikin mengatakan paling tidak jarak yang dibutuhkan lebih dari 3 kilometer (km). Seperti diketahui, saat ini ada 12 kota yang menggelar Formula E menggunakan jalur perkotaan, beberapa diantaranya seperti Berlin, New York, Sanya, Hong Kong, Paris, dan Roma.

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

"Nanti biasanya ada desain sirkuit oleh desainer. Penyelenggara kemudian koordinasikan dengan IMI sebagai induk organisasi olahraga bermotor. Nanti kita bawa ke FIA sebagai federasi tertinggi lalu bersama-sama berdiskusi dengan pemerintah kota," ujar Sadikin bulan lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X