Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Supra, Mobil Impian Kaesang Pangarep

Kompas.com - 16/08/2019, 06:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaesang Pangarep begitu mengidolakan Toyota Supra. Ternyata, sedan sport legendaris itu merupakan salah satu mobil impian putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantas saja ketika datang ke GIIAS 2019, Kaesang langsung mendatangi GR Supra berkelir merah. Bahkan, sempat bertanya mengenai harga jual dari sedan sport itu.

Baca juga: Sejarah Panjang Toyota Supra Hingga ke Lantai GIIAS 2019

Namun, ketika dijawab kalau Supra generasi terbaru ini punya banderol Rp 2 miliar, Kaesang hanya melemparkan senyum.

"Dia juga pernah bilang kalau Supra itu mobil impiannya," ujar Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (15/8/2019) malam.

Baca juga: Reaksi Kaesang Pangarep Saat Bertemu Toyota Supra

Setelah melihat eksterior, anak bungsu dari orang nomor satu di Indonesia itu pun menyempatkan diri untuk duduk di kabin Supra. Bahkan, pada Kamis (15/8/2019) punya kesempatan untuk mengemudikan sedan sport seharga Rp 2 miliar itu di Toyota Driving Experience (TDE), Sunter, Jakarta Utara.

Kaesang Pangarep kunjungi GIIAS untuk lihat Toyota Supra Kaesang Pangarep kunjungi GIIAS untuk lihat Toyota Supra

GR Supra yang dijual di Indonesia menggunakan mesin 2.998 inline 6 twin turbo dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 340 tk dan torsi 500 Nm. Pilihan mesi 2.000 cc tidak masuk ke Tanah Air.

Mobil sport ini memiliki dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.295 mm. Jarak wheelbase 2.470 mm, lebih pendek 100 mm dari model Toyota 86.

Toyota mengincar distribusi bobot 50:50 untuk pengendalian yang sempurna di berbagai lintasan. Mesin yang diletakkan di depan dengan penggerak roda belakang menargetkan fokus berkendara maksimal.

Baca juga: Calon Pembeli Toyota Supra Banyak Pilih Bayar Tunai

Lebih lanjut, untuk bagian interior, desainnya berorientasi pada pengemudi dengan konsep minimalis. Layar 8,8 inci jadi perhatian utama di tegah dasbor.

Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo Adi Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019

Pada bagian kaki-kaki, GR Supra menggunakan double joint spring strut di depan dan multi link di belakang yang berkarakter kaku untuk pengendalian sport. Ukuran bannya menggunakan 255/35R19 untuk depan dan 275/35R19 untuk belakang.

Platformnya menggunakan bahan aluminium dan baja untuk mengejar rigiditas. Nilai rigiditas ini bahkan diklaim lebih baik dari supercar Lexus LFA yang menggunakan bahan carbon fiber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com