Sejarah Panjang Toyota Supra Hingga ke Lantai GIIAS 2019

Kompas.com - 23/07/2019, 16:33 WIB
Supra berkelir merah tampil di panggung utama Toyota di GIIAS 2019, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019). Kompas.com/Setyo AdiSupra berkelir merah tampil di panggung utama Toyota di GIIAS 2019, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan model terbaru GR Supra di ajang GIIAS 2019. Mobil sport ini melanjutkan nama legenda mobil sport Toyota di pasar Indonesia.

Direktur Pemasaran PT TAM Kazuki Minamide mengungkapkan GR Supra yang hadir saat ini merupakan hasil penantian panjang selama 17 tahun bagi penggemar mobil sport tersebut. Produk ini memiliki tempat tersendiri di hati Presiden Toyota Motor Corp, Akio Toyoda.

"Kini kita bawa untuk dinikmati konsumen di Indonesia. Di sisi lain kami ingin menunjukkan perkembangan sport Toyota semakin baik dan menghadirkan produk yang fun to drive," ucap Minamide saat ditemui Selasa (23/7/2019).

Supra generasi pertama diperkenalkan pada 1978, lalu generasi kedua pada 1981 dan ketiga pada 1986. Generasi keempat hadir pada tahun 1993 dan menjadi salah satu ikon mobil sport 90-an terutama di kalangan penggemar JDM.

Sebut saja penggemar film Fast and Furious, pasti akan mengenali Supra sebagai pilihan jagoan dalam film itu. Dari dunia modifikasi, mesin 2JZ sampai saat ini masih diburu sebagai mesin yang mudah dimodifikasi

Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo Adi Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019

Baca juga: Reaksi Kaesang Pangarep Saat Bertemu Toyota Supra

Lalu 17 tahun kemudian, Toyota menghadirkan Gazoo Racing, divisi sport internal. Dari sinilah rencana melahirkan kembali Supra hadir bekerja sama dengan BMW untuk urusan mekanik.

GR Supra yang hadir di Indonesia sudah menjalani tes di berbagai tempat di dunia seperti sirkuit Nurburgring dan Miramas. Ada tiga komponen yang membuatnya disebut sport car terbaik saat ini yakni jarak sumbu roda, wheel thread dan titik pusat gravitasi.

GR Supra memiliki panjang sumbu roda 2.470 mm atau 100 mm lebih pendek dari mobil sport Toyota 86. Pusat gravitasi diletakkan lebih rendah untuk mendapatkan stabilitas saat berkendara terutama di tikungan.

"Distribusi beban juga dibuat 50 di depan dan 50 di belakang. Ini membuat GR Supra menempel di aspal. Desainya murni hadir dari mobil konsep FT-1," ucap Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Model GR Supra ini hadir dengan Limited Slip Differential (LSD) yang membuat tenaga mesin tidak terbuang percuma. Mode berkendara Normal dan Sport bisa dipilih pengemudi untuk beragam kebutuhan.

Mesin GR Supra menggunakan mesin 3.0 L yang memproduksi 340 tk dan torsi 500 Nm dengan transmisi 8-percepatan.

TAM belum mengeluarkan harga resmi mobil sport kembaran BMW Z4 ini namun diperkirakan sekitar Rp 2 miliar. Saat ini proses perhitungan pajak masih dilakukan.

Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo ADi Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X