Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Platform TNGA dan DNGA?

Kompas.com - 25/07/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu sama-sama menggembangkan platform baru untuk jajaran produk di masa depan. Pertama, bernama Toyota New Global Architecture (TNGA), kemudian ada, Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Lantas apa yang membedakan kedua, mengingat sejak 2016 lalu Daihatsu sudah resmi menjadi anak perusahaan Toyota Motor Corportian (TMC), sementara dalam pengembangan teknologi tetap masih terpisah.

Menjawab hal ini, Design Engineering Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Soni Satriya, mengatakan, kedua platform memiliki peruntukan yang berbeda dari jenis dan kapasitas mobil.

Baca juga: Jangan Harap Daihatsu Jual Mobil Kecil Ini di Indonesia

"Untuk Daihatsu dengan DNGA itu peruntukanya bagi mobil di segmen A dan B, atau mobil berkapasitas 1.500 cc ke bawah. Kalau yang TNGA segmen di atasnya yang presium dan kendaran listrik juga," kata Soni di GIIAS 2019, Rabu (24/7/2019).

Menurut Soni, titik berat yang membedakan antara TNGA dan DNGA lebih ke masalah segmentasi produk. Sementara untuk struktur konsep hampir sebagian besar tidak berbeda jauh, dan nantinya pengembangan teknologi ke depan akan disiapkan menggunakan kedua platfrom tersebut, seperti pada mobil konsep MPV Hybrid yang baru saja melakukan debut dunia di GIIAS 2019.

MPV hybrid Daihatsu bernama HYFun MPV hybrid Daihatsu bernama HYFun

Seperti diketahui, Toyota sudah menerapkan platfrom TNGA pada beberapa jajaran produk di segmen menengah atas, seperti Camry dan C-HR Hybrid yang sudah dijual di Indonesia. Sedangkan untuk Daihatsu, Tanto menjadi produk pertama yang resmi dipasarkan di Jepang dengan platform DNGA.

"Pengembangannya saat ini seperti pada HY-Fun, mobil konsep ini sudah menggunakan platform DNGA, dan ini menjadi cikal dari arah pengembangan teknologi-teknologi yang akan dikembangkan Daihatsu ke depannya," ujar Soni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com