Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Harap Daihatsu Jual Mobil Kecil Ini di Indonesia

Kompas.com - 24/07/2019, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Setiap pameran otomotif seperti GIIAS, Daihatsu selalu membawa mobil kecil atau di Jepang dikenal dengan sebutan kei-car. Tahun ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memamerkan New Tanto.

New Tanto ini merupakan mobil kecil Daihatsu pertama yang menerapkan desain platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang kompatibel untuk 10 tahun ke depan. Namun, jangan berharap model seperti itu dijual di Indonesia.

"Sulit sekali jika dijual di Indonesia. Pasarnya berberda dengan Jepang, mobil seperti ini di sini (Indonesia) tidak akan laku," ujar Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra ketika berbincang dengan Kompas.com di lantai pameran GIIAS 2019, Selasa (23/7/2019).

Wanita yang akrab disapa Amel itu menjelaskan, di Indonesia karakter konsumennya lebih suka dengan mobil yang besar atau punya kapasitas tujuh orang penumpang. Belum lagi, desain kei-car, cenderung lebih kotak alias boxy.

Baca juga: Pujian Daihatsu buat Wuling Voice Command Berbahasa Indonesia

"Coba saja perhatikan mobil yang modelnya boxy di Indonesia kurang laris, jadi kami tidak akan menjual mobil-mobil seperti itu di Indonesia. Model yang kami bawa ini (New Tanto) hanya untuk dipamerkan saja," kata Amel.

Generasi baru Daihatsu Tanto DNGA di GIIAS 2019 Generasi baru Daihatsu Tanto DNGA di GIIAS 2019

Daihatsu di negara asalnya, Jepang merupakan produsen otomotif yang punya banyak model mobil kecil, mulai Move, Wake, Cocoa, hingga Tanto. Seluruh model itu dipastikan tidak akan dijual di pasar otomotif nasional.

"Lagi pula, buat apa kita impor lagi. Semua produk yang kita jual di sini sudah diproduksi lokal, kecuali Siron impor dari Malaysia, itupun volume penjualannya kecil," ucap Amel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com