Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform TNGA Toyota Tunggu Waktu Peraturan LCEV

Kompas.com - 24/05/2019, 14:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengungkapkan pada waktunya mereka akan mulai memproduksi platform baru untuk menyambut era industri kendaraan ramah lingkungan. Saat ini Toyota sudah menyiapkan Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk produk-produk ramah lingkungannya.

Lantas kapan waktunya? Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono mengungkapkan produksi TNGA akan sejalan dengan kehadiran mobil-mobil listrik.

“Produk ke depan kita itu pasti masuk TNGA. Tapi timing-nya akan in line dengan elektrifikasi. Jadi pada saat kita perkenalkan electric vehicle pada saat itu juga kita akan perkenalkan TNGA,” ucap Warih saat ditemui Kamis (23/5/2019).

Warih mengungkapkan semua itu akan terlihat pada saat peraturan mengenai kendaraan ramah lingkungan atau Low Cost Electic Vehicle (LCEV) mulai diberlakukan . Saat ini peraturan tersebut belum juga dihadirkan pemerintah meski pembahasannya sudah memakan waktu beberapa lama.

Baca juga: C-HR Mahal karena TNGA

“Jadi kita sudah menyiapkannya. Pada saat nanti ketentuannya berlaku, diharapkan kita sudah siap. Kalau bicara waktu, entah 2021 atau 2022, kita lihat. Pasti butuh waktu, kalau kita dulu tidak mungkin, namanya mendahului,” ucap Warih.

Pada waktunya produk yang akan hadir akan mengikuti tren yang ada. Warih meyakini model MPV dan SUV jadi salah satu yang akan diproduksi pertama kali.

“Jadi harus produk yang diterima market, kompetitif dulu. Semua negara begitu, Indonesia mau ke MPV lalu SUV ya kita akan fokus ke situ,” ucap Warih.

TNGA adalah platform yang dirancang Toyota untuk memenuhi efisiensi membangun sebuah produk. Sebelum ada TNGA, Toyota punya 100 bentuk modifikasi platform dan 800 pilihan sistem gerak.

TNGA hanya butuh lima layout untuk mengakomodiasi semua opsi tersebut, menjangkau mobil sport kecil sampai SUV besar. Keuntungan dengan TNGA, Toyota punya standar baru dan efisien menciptakan model baru.

Model pertama Toyota dengan TNGA adalah generasi keempat Prius pada 2015, kemudian disusul C-HR, Corolla, Rav4, Crown, Lexus LS, Lexus ES dan UX. Setengah jumlah model Toyota akan menggunakan TNGA pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com