Mengenal Apa Itu "Air Suspension"

Kompas.com - 02/07/2019, 09:22 WIB
Modifikasi Xpander dengan Air Suspension Rio Pandu/XMOCModifikasi Xpander dengan Air Suspension

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pecinta modifikasi yang mengaplikasikan air suspension pada mobil mereka. Perangkat yang satu ini memudahkan penggunanya untuk mengatur sendiri tinggi rendahnya ground clearence.

Namun, tidak disarankan untuk sembarangan memasang air suspension. Riefky Bhaskoro, pemilik Akasia Motor, bengkel spesialis air suspension, menyarankan, pilihlah bengkel pemasangan yang tepat, yang bukan hanya sekadar bisa memasang perangkat tersebut.

Baca juga: Cara Benar Berkendara Mobil yang Pakai Air Suspension

"Bengkel tersebut juga harus benar-benar paham tentang air suspension. Selain itu, juga harus memberikan garansi dari hasil kerjanya dan barang yang ditawarkannya juga jelas," ujar Riefky, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Riefky menambahkan, air suspension lebih rumit dibandingkan dengan suspensi biasa. Sebab, cara kerjanya tidak hanya secara mekanikal, tapi juga elektrikal. Maka itu, bengkel yang memasang juga harus benar-benar paham.

Baca juga: Tips Aman buat Mobil yang Pakai Air Suspension

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika menggunakan air suspension, karena sama saja dengan sistem suspensi yang mekanikal atau statis. Hanya saja, untuk perawatan dan barangnya saja yang jauh lebih mahal," Kata Riefky.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X