Tips Aman buat Mobil yang Pakai "Air Suspension"

Kompas.com - 05/06/2019, 12:03 WIB
Modifikasi Xpander dengan Air SuspensionRio Pandu/XMOC Modifikasi Xpander dengan Air Suspension

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak dari pecinta modifikasi mobil yang mengganti suspensi standar dengan air suspension, dengan tujuanuntuk mendapat kenyamanan. Namun, tak sedikit juga yang bertanya-tanya, apakah jenis peredam kejut seperti itu aman untuk dipakai berpergian ke luar kota?

Kiki Anugraha, pecinta modifikasi dan pemilik produsen body kit Karma, menjelaskan bahwa tidak masalah menggunakan air suspension pada mobil untuk dibawa berkendara jauh ke luar kota.

Baca juga: Pakai Air Suspension, Xpander Jadi Makin Dekat Aspal

"Sebelum ke luar kota, cek dulu naple dan lain-lainnya. Ada yang bocor atau tidak," ujar Kiki, di sela-sela media gathering Indonesia Modification Expo (IMX) 2019, beberapa waktu lalu.

Kiki menambahkan, "Jangan lupa juga untuk kuras tabung udaranya dulu, karena mau dipakai untuk perjalanan jauh, suspensi ini akan lebih sering mainnya."

Baca juga: Posisi Duduk Nyaman, Mudik Lebih Aman

Selain bagian naple dan tabung udaranya, pengguna air suspension juga wajib untuk memperhatikan beberapa bagian lainnya, seperti selang, kompresor, klep, dan jalur kelistrikannya.

"Pakai air suspension aman-aman saja, selama pemakaiannya juga wajar-wajar saja. Jangan kita lagi melaju kencang, terus ada lubang di depan, tapi tetap dihajar," kata Kiki.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X