Hyundai Indonesia Bergeming soal Pabrik HMC

Kompas.com - 02/07/2019, 07:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah dipastikan siap beroperasi pada 2021 mendatang, namun PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) bergeming soal rencana investasi prinsipal. Informasi seputar produksi, letak pabrik, sampai rencana ke depan Hyundai Motor Company (HMC) di Indonesia masih tertutup rapat.

Ketika mengkonfirmasi Deputy Marketing Director HMI Hendrik Wiradjaja, hanya mengatakan, pihak HMC akan memberikan pengumuman resmi megenai seluruh informasi detailnya.

"Saya belum bisa bicara banyak soal masalah ini, tapi yang pasti dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi HMC akan memberikan keterangan resmi melalui konferensi pers, untuk waktunya tinggal ditunggu saja," ujar Hendrik saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/7/2019).

Baca juga: Hyundai Siapkan Empat Model untuk Produksi di Indonesia

Seperti diketahui, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, telah memastikan pabrik HMC di Indonesia siap beroperasi 2021 mendatang. Bahkan disebutkan bila kapasitas produksinya bisa mencapai 70.000 sampai 250.000 unit dalam satu tahun.

Wajah baru Hyundai H-1 Royale CRD-1 Wajah baru Hyundai H-1 Royale CRD-1
Airlangga juga menegaskan bila mobil yang akan diproduksi Hyundai di Tanah Air akan berjenis sport utility vehicle, multi purpose vehicle, hatchback, dan juga sedan. Sedangkan untuk orientasi produksi, sebesar 53 persen untuk kebutuhan ekspor, sisanya untuk kebutuhan domestik.

"Jadi nanti HMC akan memaparkan semua informasi, dari produksinya apa saja, nilai investasinya, rencana detail, sampai lokasi pabriknya. Soal jenis mobil seperti SUV itu memang betul, tapi ini berdasarkan pernyataan pemerintah, HMI tidak memberikan komentar lebih lanjut soal ini," kata Hendrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.