Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Setang ke Kanan Bikin Maling Motor Menyerah

Kompas.com - 28/06/2019, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Seorang pria yang diduga sebagai maling sepeda motor gagal membawa kabur motor incarannya. Ditengarai hal itu terjadi lantaran sang pemilik mengunci setang motornya berlawanan arah ke kanan.

Dalam video yang diunggah akun Infoanda dari akun Andy Susandi di Instagram terlihat maling tersebut kesulitan membobol kunci motor yang sedang terparkir. Tak pelak video hasil tangkapan CCTV itu viral di media sosial.

Baca juga: Vespa GTS Super 150 Bukan Rival Lambretta V200

"Mau maling motor Alhamdulliah motor ane ga kebawa tuh maling konci dia patah kejadian Jumat 21 Juni 2019 jam 08.17 lokasi jl.flamboyan 2 marakas square pondok ungu permai Bekasi Utara," tulis akun @andyfifaldy dikutip Kompas.com, Kamis (27/6/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Tuhh! Tag temen lu biar tau! . Mau maling motor Alhamdulillah motor ane ga kebawa tuh maling konci dia patah kejadian Jumat 21 Juni 2019 jam 08: 17 lokasi jl.flamboyan 2 marakas square pondok ungu permai Bekasi Utara.. . . By @andyrifaldy Via @uptodateinfo ??????????????????? Free share, Like, komentar & tag temanmu untuk ikut bersama kita guys #infoanda ??????????????????? Follow @detikhitz @infoheboh ??????????????????? #beritanasional #kamuharustau #detikhitz #berita #viral #fakta #infoheboh #tribunnews #medantalk #kompascom #jktinfo #infojakarta #informasi #manaberita #bandungjuara #inews #liputan6 #malingmotorkepergok #malingmotor #malingmotorbekasi #bekasi #bekasi #Uptodateinfo #NetUpdate

A post shared by Infoanda™ (@infoanda) on Jun 24, 2019 at 2:56am PDT

Asumsi bahwa mengunci setang ke arah kanan membuat motor sulit dibobol maling menggelitik untuk ditelisik. Untuk itu Kompas.com meminta tanggapan Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan mengenai kejadian ini.

"Iya betul, sangat berpengaruh jika kunci setang menghadap ke kanan. Karena posisi maling saat membobol diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang gerak," kata Asep kepada Kompas.com.

Baca juga: Impresi Kawasaki KLX 230, Nyaman di Dua Alam

Asep mengatakan, maling biasanya memakai kunci ''T'' untuk membobol kunci kontak. Namun dengan adanya setang, ruang geraknya jadi sempit maling akan kesulitan karena biasanya dimensi kunci T lebih panjang dari kunci biasa.

"Biasanya customer AHASS kami anjurkan mengunci setang ke arah kanan. Karena meskipun terlihat sepele tapi berpengaruh besar. Sebab maling harus punya daya dorong dan tenaga puntir dari kunci tersebut untuk membobol," kata Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com