Yamaha FZ1, Jadi Banyak Dicari Berkat Jokowi

Kompas.com - 28/06/2019, 08:22 WIB
Yamaha FZ1. Oni FaristiwaYamaha FZ1.

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Pekan ke-12 ini, awak redaksi menghadirkan Yamaha FZ1. Motor ini sempat jadi tenar beberapa waktu lalu berkat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang juga akrab disapa Jokowi.

Baca juga: Vespa 946 Emporio Armani dan RED, Edisi Spesial, Harga Fenomenal

Nama FZ1 jadi banyak dicari orang-orang karena digunakan oleh Jokowi dan stuntman dalam pembukaan Asian Games 2018. Sayangnya, motor berkonsep streetfighter atau naked sport ini sudah dihentikan produksinya.

Yamaha mengganti keberadaan FZ1 yang terakhir diproduksi tahun 2015, dengan model sejenis, yakni MT-10. Dijelaskan oleh pihak Yamaha, FZ1 merupakan motor pesanan khusus Paspampres yang digunakan sejak 2010 dan tidak disediakan untuk dijual ke konsumen umum.

Baca juga: Harley-Davidson Electra Glide Police, Moge Penegak Hukum

Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).INASGOC/DHONI SETIAWAN Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Saat digunakan untuk bertugas mengawal Presiden, motor ini akan ditunggangi oleh dua anggota Paspampres. Satu orang mengendalikan motor dan yang satu lagi membawa senjata.

Untuk spesifikasinya, FZ1 dibekali dengan mesin DOHC empat silinder berkubikasi 998 cc. Tenaga yang dikeluarkan mampu mencapai 150 tk dan torsi maksimal hingga 106 Nm. Sementara konsumsi bahan bakarnya, mampu menempuh 100 km dengan menghabiskan 6,72 liter bahan bakar.

Untuk harga jualnya sekarang, FZ1 ada yang dibanderol mulai Rp 80 jutaan sampai Rp 110 jutaan. Produksinya sendiri antara 2010 dan 2011, serta kondisi tanpa surat-surat yang lengkap. Jika ada yang menjualnya lengkap dengan surat-surat, bisa dipastikan harganya akan berada di atas Rp 110 jutaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X