Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Carry Baru Jadi Tulang Punggung Suzuki

Kompas.com - 23/06/2019, 16:24 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sukses mengantongi pencapaian positif sepanjang Mei 2019. Penjualan ritelnya diklaim naik sebesar 18,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Total kendaraan terjual selama Mei mencapai 9.633 unit. Sementara untuk kontribusi terbesarnya datang dua model, yakni New Carry Pick Up dan All New Ertiga.

"Terima kasih atas kepercayaan pelanggan, hal ini terlihat dari jumlah penjualan yang meningkat walaupun saat liburan panjang. Pencapaian ini menjadi bukti bahwa kendaraan Suzuki khususnya New Carry Pick Up dan All New Ertiga mendapat sambutan positif," ujar 4W Sales Director PT SIS Makmur dalam keterangan resminya, Sabtu (22/6/2019).

Baca juga: [Test Drive] Uji Performa Carry di Jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta

Suzuki Carry generasi baru langsung menjadi tulang punggung utama. Sejak diluncurkan pada 25 April lalu, mobil yang bermain di segmen niaga ringan ini berhasil terjual 4.825 unit dan mengalami peningkatan sebesar 18 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Raihan positif ini diklaim Suzuki mendorong Carry baru sebagai pemain utama dengan menguasai 55,2 persen pangsa pasar kendaraan niaga ringan di Indonesia.

Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang YogyakartaKompasOtomotif - AFH Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta

Menurut Makmur, tingginya penjualan New Carry Pick Up didukung oleh berbagai program menarik yang memudahkan konsumen. Untuk penjualan Ertiga, Suzuki mencatat pertumbuhan ritel mencapai 23 persen dibandingkan bulan April 2019 dengan total penjualan sebanyak 2.657 unit. Sementara untuk Karimun Wagon R sebanyak 603 unit, Baleno 512 unit, Ignis 431 unit, APV 331 unit, dan terakhir SX4 S-Cross yang laku 165 unit.

"Dari segi wilayah, Jabodetabek masih menjadi kontribusi penjualan terbesar di bulan Mei 2019. Kontribusi penjualannya mencapai 3.075 unit atau 31,9 persen dari total penjualan Suzuki di Mei 2019," kata Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com