[Test Drive] Uji Performa Carry di Jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta

Kompas.com - 21/06/2019, 16:11 WIB
Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta KompasOtomotif - AFHPengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta

Yogyakarta, KOMPAS.com - Salah satu habitat mobil pikap adalah jalur luar kota, pedesaan ataupun lintasan yang menantang dengan kontur jalan yang tak sepenuhnya mulus.

Begitu pula lintasan yang menjadi menu uji coba Carry pikap terbaru yang dihelat Suzuki Indomobil Sales (18-19 Juni 2019) lalu di jalur Merapi, Kaliurang, Yogyakarta.

Baca juga: [Test Drive] 4 Perbedaan Besar pada Suzuki Carry Terbaru

Kendati rute yang disajikan tidak terlalu panjang namun sudah mewakili ragam bentuk jalan yang kerap ditemui di jalur luar kota.

Desain Suzuki Carry berubah total untuk menarik perhatian konsumenKompasOtomotif - AFH Desain Suzuki Carry berubah total untuk menarik perhatian konsumen

Agar lebih dekat dengan kenyataan, bak Carry pikap diisi dengan bobot berupa potongan-potongan kayu hingga setinggi atap kabin.

Estimasi bobot adalah setengah dari maksimum daya angkut yang dianjurkan (1,5 ton). Termasuk 3 orang penumpang kabin.

Tanjakan

Carry pikap dibekali mesin K15B-C, DOHC 16 valve 1.462 cc dengan tenaga 97 tk dan torsi 135 Nm. Spesifikasi tersebut dirasa cukup untuk mampu melewati tanjakan yang menjadi menu utama menuju bekas rumah Mbah Marijan di Kaliurang, Yogyakarta.

Performa mesin Suzuki Carry cukup mumpuni untuk medan luar kota yang menantangKompasOtomotif - AFH Performa mesin Suzuki Carry cukup mumpuni untuk medan luar kota yang menantang

Tanjakan dengan sudut 10 derajat sejauh hampir 500 meter dapat dilewati dengan mudah. Bahkan awak redaksi masih menggunakan gigi 3 hingga ujung karena ancang-ancang sudah cukup mumpuni.

Ada juga tantangan di tanjakan bersudut lebih besar (15 derajat) dengan kondisi jalan berbatu. Tak banyak usaha yang diperlukan untuk menuntaskannya. Hanya saja harus menggunakan gigi 1.

Suzuki Carry mudah melintasi jalan menanjang yang panjangKompasOtomotif - AFH Suzuki Carry mudah melintasi jalan menanjang yang panjang

Suspensi

Pada kondisi bak terisi penuh, ayunan suspensi terasa cukup nyaman untuk ukuran mobil angkut. Namun akan terasa sangat keras jika bak dalam kondisi kosong. Manuver dan radius putar pun bisa diandalkan.

Hal yang cukup krusial di segmen pikap adalah jarak komponen terendah mobil dengan tanah (ground clearence) yang tak membuat khawatir.

Stabilitas yang dihasilkan suspensi Suzuki Carry tergolong baik untuk ukuran mobil pikapKompasOtomotif - AFH Stabilitas yang dihasilkan suspensi Suzuki Carry tergolong baik untuk ukuran mobil pikap

Lintasan berbatu yang cukup terjal mampu dilewati tanpa terdengar suara benturan. Desain letak per daun di atas as roda berperan penting menahan ban mentok dengan bodi bak.

Rasanya memang layak jika Carry memang lebih dipilih konsumen dan mampu membukukan pangsa pasar nasional sebesar 50 persen di segmen pikap ringan.

Sistem suspensi pada Suzuki Carry terbaruKompasOtomotif - AFH Sistem suspensi pada Suzuki Carry terbaru

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X