Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kompas.com - 18/06/2019, 09:42 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem penyejuk ruangan atau AC pada mobil penting sebagai kelengkapan standar di Indonesia, karena punya iklim tropis.Maka itu, AC perlu dirawat agar tetap bisa mengeluarkan hawa dingin dengan maksimal. Pemilik mobil juga perlu untuk mengenali apa saja penyebab AC mobil menjadi kurang atau bahkan tidak dingin.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari tidak maksimalnya performa AC pada mobil.

"Bisa karena refrigeran habis. Tapi perlu diketahui, refrigeran AC bisa habis karena ada kebocoran. Mungkin karena kebocoran di bagian sambungan atau kalau terjadi benturan pada condensor," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perhatikan Waktu Ideal untuk Servis AC Mobil

Imam menambahkan, saluran AC yang mampat atau tersumbat juga bisa menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali, meskipun gas refrigeran masih ada. Menurut Imam, gejalanya bisa sama seperti refrigeran habis.

"Jika sudah dimakan usia, misalnya tujuh tahun ke atas, akan mulai ada gangguan sistem ventilasi. Gangguan ini berupa pengaturan flow yang mungkin bocor dan tidak sesuai arah yang dimaksud. Sehingga, terkadang jika AC dilengkapi dengan heater, akan terjadi percampuran udara panas dan dingin," kata Imam.

Baca juga: Ketahui Aturan Nyala dan Matikan AC Mobil

Jika sistem aliran freon masih sempurna, tapi ada gangguan pada flap pengaturan aliran udara, juga bisa membuat AC menjadi tidak dingin.

"Adanya pipa flow yang kendur akibat perbaikan kelistrikan juga bisa membuat udaranya bocor dan menjadikan AC tidak dingin," ujar Imam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X