Perhatikan Waktu Ideal untuk Servis AC Mobil

Kompas.com - 25/02/2019, 15:02 WIB
Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang memiliki peran penting pada mobil, yaitu air conditioner (AC). Secara fungsi, menjadikan kabin menjadi sejuk ketika berkendara di sepanjang jalan.

Namun perlu diingat bahwa agar kinerjanya tetap maksimal, AC juga butuh perawatan. Apabila diabaikan begitu saja, maka ada komponen yang pergantiannya lebih cepat dari seharusnya.

Menurut Kelvin Ong, Kepala Bengkel Rotary Bintaro (spesialis AC mobil), sebaiknya AC mobil itu diservis atau dibersihkan setiap kelipatan 10.000 km.

"Jadi setiap kelipatan 10.000 km servis kecil, dan setiap 20.000-40.000 harus melakukan servis besar. Agar fungsi dari semua komponen AC tetap terjaga maksimal," ujar Kelvin belum lama ini di kawasan Bekasi.

Baca juga: Ketahui Aturan Nyala dan Matikan AC Mobil

Selain itu, pembersihan komponen lanjut Kelvin untuk evaporator setiap 8-12 bulan sekali, serta mengganti filter kabin periode 6 bulan sekali.

"Kalau tidak dibersihkan atau diservis jelas banyak kotoran yang menempel di komponen-komponen itu, sehingga bisa menghambat kinerja pada AC," kata dia.

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha juga menyarankan untuk pergantian filter udara dilakukan setiap 10.000 km sekali atau diganti 30.000 km.

"Semuanya agar kinerja komponen-komponen pada AC semakin maksimal," ucap Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.



Close Ads X