Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantang Lakukan Ini pada Mobil Transmisi Otomatis

Kompas.com - 16/06/2019, 08:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam tips seputar transmisi otomatis belakangan marak beredar. Ini seiring dengan banyaknya permintaan mobil bertransmisi matik yang terus bertumbuh.

Sebagai pengingat, ada hal yang patut diperhatikan bila mobil bertransmisi otomatis mengalami kendala mogok di tengah perjalanan untuk tidak asal mendorong apalagi menderek. Ini untuk menjaga umur transmisi lebih panjang.

“Pengguna mobil transmisi otomatis terutama yang pemula sebaiknya mengingat, kendaraannya tidak boleh didorong dalam kondisi mesin mati,” ucap Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi saat dihubungi Jumat (14/6/2019).

Bambang menjelaskan, transmisi otomatis memiliki kampas kopling yang terus terhubung. Ketika mesin mati lantas mobil di dorong atau bergerak dengan jarak cukup jauh, maka akan mengalami panas dan keausan sebab oli pelumas tidak bekerja.

Baca juga: Cara Mengerem Mobil Transmisi Matik yang Benar di Jalan Menurun

Penggambarannya seperti saat kondisi hendak di derek saat darurat. Pemilik wajib memperhatikan penggerak roda apakah, di depan atau di belakang.

Jika penggerak belakang, maka roda yang diangkat roda belakang dan sebaliknya jika penggerak depan yang diangkat roda depan, ban belakang menyentuh tanah. Catatan tambahan, untuk berjaga-jaga meminta sopir mobil derek berkendara perlahan.

“Untuk itu baiknya pilih derek gendong atau diangkut karena keempat ban tidak menapak aspal. Kalau dengan derek biasa atau yang ditarik, jaraknya bisa jauh dan kecepatan tinggi. Ini yang berbahaya bagi transmisinya,” ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com