Begini Hasil Uji Tabrak Toyota Alphard

Kompas.com - 11/06/2019, 08:41 WIB
Toyota Alphard 2018. Dok. TOYOTA ASTRA MOTORToyota Alphard 2018.
|

TOKYO, KOMPAS.com - Toyota Alphard meraih lima bintang dalam tes yang dilakukan oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Hasil itu otomatis menjadikan Alphard sebagai MPV mewah dengan kualitas keselamatan yang sangat baik.

Dalam uji tabrak yang dilakukan JNCAP, Toyota Alphard mendapat total nilai sebesar 178.4 poin, dengan rincian 90.82 poin untuk perlindungan penumpang dan 73.99 poin untuk perlindungan pejalan kaki.

Baca juga: Toyota Hiace Baru Berparas Alphard

Tingginya nilai perlindungan pada penumpang karena JNCAP menilai Alphard berhasil melindungi kepala, leher, dada, dan kaki penumpang dari benturan yang keras. Hal itu dapat dilhat dari pintu yang masih mudah dibuka setelah tes tabrak.

Mengutip Nasva. go.jp, Selasa (11/6/2019) model yang diuji oleh JNCAP sebetulnya Toyota Vellfire, yakni kembaran Alphard yang lebih mewah. Namun karena memiliki basis yang sama, sehingga kinerja terhadap hasil tes tabrak yang dilakukan dianggap sama.

Baca juga: Lexus Resmi Hadirkan Alphard Versi Premium

Tes tabrak yang dilakukan oleh JNCAP sendiri memakai metode terbaru yang dikembangkan pada 2016. Salah satunya dengan melakukan uji pada struktur sandaran kepala penumpang serta keselamatan kepala pejalan kaki.

Sedangkan angka perlindungan pejalan kaki didapatkan berkat fitur Toyota Safety Sense (TSS). Beberapa diantaranya ialah sensor untuk pejalan kaki dan pesepeda, deteksi pre-collision system, lane tracing assist, road sign assist, dan departure alert system.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X