Honda "Pitung" C70, Bebek Paling Laris yang Legendaris

Kompas.com - 31/05/2019, 11:30 WIB
Honda Pitung C70 Oni FaristiwaHonda Pitung C70

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto motor-motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Di minggu kedelapan ini, menghadirkan bebek lawas paling populer di Indonesia, yakni C70. Tak bisa dipungkiri lagi, kepopuleran motor bebek Honda alias Honda Super Cub sangat tinggi.

Motor ini juga tercatat sebagai motor bebek yang paling banyak diproduksi di dunia. Sebagai bukti, tahun 2014 lalu Super Cub sudah diproduksi lebih dari 87 juta unit di seluruh dunia.

Baca juga: Kawasaki Ninja 150 RR 30th Anniversary, Incaran Loyalis Ninja 2-Tak

Di Indonesia sendiri, motor bebek Honda paling populer adalah C70, yang mulai diproduksi tahun 1971. Di Jakarta, C70 diberi julukan Honda "Pitung". Julukan tersebut bukan tanpa alasan, beberapa sumber menyebutkan bahwa nama tersebut merupakan sebuah plesetan dari bahasa Jawa "pitung puluh" yang artinya tujuh puluh.

Sebenarnya, ada banyak varian dari Honda C series lainnya, seperti C50, C80, C90, C100, C100EX, C125, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi yang paling populer di Indonesia adalah C70. Pilihan mesinnya juga beragam, sesuai dengan tipe motornya. Ada yang dibekali mesin berkubikasi 49cc hingga 124cc. Hingga kini, motor bebek tersebut masih banyak dicari.

Baca juga: Honda NSR250R, 2-Tak Langka Replika Balap

"Beberapa tahun lalu, motor ini banyak dicari sebagai bahan modifikasi untuk gaya street cub atau choppy cub. Diambil bagian rangkanya, lalu ubah bagian kaki-kakinya dan area setang. Untuk mesin, biasanya pakai mesin motor bebek Honda dengan tahun lebih muda, seperti Revo atau Karisma 125," ujar Didit Adityawan, builder Newspeed Garage.

Namun, dengan meningkatnya tren motor bebek lawas dengan tampilan orisinil seperti yang terjadi belakangan ini, banyak juga yang mengincar C70 untuk direstorasi. Meski sudah melewati beberapa dekade, tapi suku cadangnya masih cukup mudah ditemukan di pasaran.

Honda Pitung C70Oni Faristiwa Honda Pitung C70

Saking populernya motor bebek Honda, pabrikan asal Jepang ini kembali melahirkan Super Cub series, seperti C110 dan C125. Keduanya sudah dibekali sistem pembakaran injeksi dan beberapa fitur modern, seperti teknologi keyless dan lampu LED.

Harga jual motor bebek Honda C70 sekarang ini berkisar antara Rp 8 juta sampai Rp 15 jutaan, tergantung dari kondisinya.

Untuk melihat sketsa roda dua lainnya dari Oni, bisa langsung kunjungi akun Instagram miliknya, @_akune.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X