Jumat, Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik 2019

Kompas.com - 28/05/2019, 12:42 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70, siap beroperasi 23 Mei 2019 Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70, siap beroperasi 23 Mei 2019
Penulis Stanly Ravel
|

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik akan jatuh pada Jumat (31/5/2019) atau H-5. Diprediksi jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama mencapai 77.000 unit atau naik 181 persen dibandingkan lalu lintas normal yang hanya 27.000 kendaraan.

Namun, dengan adanya kebijakan one way yang terjadwal, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperkirakan puncak lalu lintas mudik bisa meningkat sampai 90.000 unit kendaraan, apalagi melihat tingginya antusiasme pemudik melalui jalan darat.

General Manager Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman menjelaskan ada dua hal utama yang harus diantisipasi pemudik saat melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama dengan adanya beberapa perubahan transaksi serta skema lalu lintas.

Baca juga: Agar Aman, Sebaiknya Mudik Berangkat Siang atau Malam Hari?

"Pertama mengenai relokasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama yang berdampak pada perubahan sistem transaksi dan penarifan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Yang kedua mengenai penerapan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow secara terjadwal," kata Raddy dari keterangan resminya, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, Raddy juga mengatakan tersambungnya Jalan Tol Trans-Jawa akan menyebabkan arus lalu lintas pada periode mudik dan balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek meningkat hingga 15 persen dibandingkan periode yang tahun lalu. Hal ini yang menjadi salah satu sebab pemindahan GT Cikarang Utama karena tak lagi bisa menampung volume kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Raddy mengatakan konsekuensi relokasi GT Cikarang Utama yang merupakan GT Barrier adalah 

1. Perubahan sistem pengumpulan tol dari sistem transaksi terbuka dengan pentarifan merata Jakarta IC - Pondok Gede Barat/Timur, Jakarta IC - Cikarang Barat dan sistem transaksi tertutup dengan pentarifan proporsional Cikarang Barat – Cikampek menjadi sistem transaksi terbuka pada Jakarta IC – Cikampek.

2. Perubahan Sistem Pentarifan pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan pembagian 4 (empat) wilayah pentarifan merata yaitu Jakarta IC – Ramp Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur, Jakarta IC – Cikarang Barat, Jakarta IC – Karawang Timur, dan Jakarta IC – Cikampek.

Baca juga: Catat, Tanggal 23 Mei Tidak Ada Transaksi di GT Cikarang Utama

Kondisi lalu lintas di Simpang Susun (SS) Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/5/2019). SS Cikunir yang menjadi penghubung antara Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu titik rawan macet menjelang mudik Lebaran 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kondisi lalu lintas di Simpang Susun (SS) Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/5/2019). SS Cikunir yang menjadi penghubung antara Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu titik rawan macet menjelang mudik Lebaran 2019.

Saat ini proses pembongkaran GT Cikarang Utama masih berlangsung yang terbagi atas dua tahap. Tahap pertama adalah membongkar 12 gardu di GT Cikarut 1, GT Cikarut 4, dan GT Cikarut 6 dan akan dilewati selama masa pelayanan mudik dan balik Lebaran 2019.

Tahap kedua akan dilaksanakan setelah pelayanan mudik dan balik Lebaran 2019 selesai, yaitu membongkar delapan gardu untuk menjaga konsistensi jumlah lajur dan re-alignment agar menjadi lurus.

Peningkatan pun dilakukan di sisi pelayanan lalu lintas dengan diskresi kepolisian untuk memberlakukan rekayasa contraflow ataupun one way yang terjadwal untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.