Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019

Kompas.com - 18/05/2019, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda pada mudik Lebaran tahun ini. Para pemudik sudah bisa menikmati perjalanan melalui Tol Trans Jawa yang sudah tersambung semuanya.

Dengan adanya tol ini, perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lebih cepat. Sehingga, diprediksi jalur Tol Trans Jawa ini akan menjadi jalur favorit pada pemudik tahun ini.

Baca juga: Empat Proyek di Tol Cikampek Distop Saat Mudik

Untuk menjaga kelancaran mudik Lebaran 2019, Kepolisian Republik Indonesia menggelar Operasi Ketupat. Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Refdi Andri, mengatakan, operasi ini akan digelar selama 13 hari.

"Operasi Ketupat akan berlangsung sejak tanggal 29 Mei 2019 dan berakhir tanggal 10 Juni 2019," ujar Refdi di sela-sela diskusi yang digelar TerasKita dengan tema 'Mudik Selamat, Guyub Rukun' di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: Sambut Mudik, KTB Buka Posko Kendaraan Niaga

Irjen Pol Refdi menambahkan, jika mengacu dan melihat apa yang terjadi di tahun 2018, puncak arus mudik itu ada di H-3 pelaksanaan hari raya. "Kira-kira di tanggal 1 dan 2 Juni 2019, hari Sabtu dan Minggu," ucapnya.

Pada saat arus balik, waktunya cukup singkat. Setelah hari raya Lebaran, hanya ada waktu tiga hari, yaitu pada tanggal 7-9 Juni 2019.

"Mudah-mudahan dengan adanya Operasi Ketupat sampai 10 Juni 2019, saya kira semua optimalisasi pengaturan ini bisa dilakukan dengan sangat baik," kata Refdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.