Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019

Kompas.com - 18/05/2019, 08:02 WIB
Kemacetan mengular sepanjang 18 kilometer di ruas tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kemacetan mengular sepanjang 18 kilometer di ruas tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda pada mudik Lebaran tahun ini. Para pemudik sudah bisa menikmati perjalanan melalui Tol Trans Jawa yang sudah tersambung semuanya.

Dengan adanya tol ini, perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lebih cepat. Sehingga, diprediksi jalur Tol Trans Jawa ini akan menjadi jalur favorit pada pemudik tahun ini.

Baca juga: Empat Proyek di Tol Cikampek Distop Saat Mudik

Untuk menjaga kelancaran mudik Lebaran 2019, Kepolisian Republik Indonesia menggelar Operasi Ketupat. Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Refdi Andri, mengatakan, operasi ini akan digelar selama 13 hari.

"Operasi Ketupat akan berlangsung sejak tanggal 29 Mei 2019 dan berakhir tanggal 10 Juni 2019," ujar Refdi di sela-sela diskusi yang digelar TerasKita dengan tema ' Mudik Selamat, Guyub Rukun' di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: Sambut Mudik, KTB Buka Posko Kendaraan Niaga

Irjen Pol Refdi menambahkan, jika mengacu dan melihat apa yang terjadi di tahun 2018, puncak arus mudik itu ada di H-3 pelaksanaan hari raya. "Kira-kira di tanggal 1 dan 2 Juni 2019, hari Sabtu dan Minggu," ucapnya.

Pada saat arus balik, waktunya cukup singkat. Setelah hari raya Lebaran, hanya ada waktu tiga hari, yaitu pada tanggal 7-9 Juni 2019.

"Mudah-mudahan dengan adanya Operasi Ketupat sampai 10 Juni 2019, saya kira semua optimalisasi pengaturan ini bisa dilakukan dengan sangat baik," kata Refdi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X