Gaikindo Lepas Tangan Soal Perang Diskon APM di GIIAS 2019

Kompas.com - 16/05/2019, 09:22 WIB
Suzuki di GIIAS Surabaya Suzuki di GIIAS Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil penumpang dan komersial turun 13 persen pada kuartal 1 2019. Pameran GIIAS 2019 yang dihelat maju pada Juli diharapkan bisa mendongkrak penjualan di semester 2.

Ada anggapan di GIIAS 2019 mendatang para APM akan berikan diskon besar untuk mendongkrak penjualan. Apalagi bukan rahasia bahwa pameran mobil selalu disertai potongan harga yang menggiurkan.

Baca juga: Jadwal GIIAS 2019 Dipercepat demi Dongkrak Penjualan Mobil

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, jika APM memberikan diskon maka itu ''hadiah'' buat konsumen. Namun Nangoi juga menekankan bahwa Gaikindo tidak ada sangkut pautnya dengan penetapan harga apalagi diskon.

" Diskon adalah hal yang sangat sensitif, Gaikindo tidak pernah ikut campur soal harga yang ditetapkan merek (anggota). Mereka mau ngasih berapa silahkan monggo, mau kasih 1,2, 10 persen mau ngasih gartis silahkan, karena Gaikindo tidak pernah ikut campur menangani diskon," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Alasan GIIAS 2019 Dibuat Berseri di 4 Kota

Nangoi mengatakan, diskon itu berada di ranah kebijakan tiap pemegang merek. Karena itu maka asosiasi tidak bisa ikut campur. Beda dengan cost atau biaya yang berhubungan dengan komoditas.

"Jadi kalau cost itu adalah kalkulasi, ini tambah ini tambah itu, sedangkan price (harga) itu adalah policy. Policy Mau rugi mau untung itu kebijakan masing-masing. Diskon ialah kebijakan tiap merek dan kita tidak ikut campur," kata Nangoi.




Close Ads X